Logo BeritaSatu

Puan: Ketahanan Pangan Penting, tetapi Petani Juga Harus Sejahtera

Sabtu, 24 September 2022 | 18:59 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, ketahanan pangan merupakan hal penting, namun para petani juga harus sejahtera. Hal itu disampaikan Puan saat berdialog dengan petani dan warga Desa Haurngombong, Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022).

"Ketahanan pangan penting. Apalagi mayoritas warga kita petani. Ketahanan pangan bukan hanya berarti pasokan pangan dalam negeri kita tercukupi, tetapi juga berarti petani kita produktif dan harus sejahtera," kata Puan dalam keterangannya, Sabtu (24/9/2022).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR ini mengatakan kemajuan pertanian penting untuk menunjang ketahanan pangan di Indonesia. Meski demikian, menurut Puan, masih ada sejumlah persoalan yang perlu diatasi untuk mencapai ketahanan pangan.

Sekitar 3.000 warga, termasuk dari kalangan petani hadir dalam acara dialog bersama Puan. Dalam kesempatan itu, kelompok tani mendapat bantuan berupa benih padi dan benih jagung masing-masing untuk 50 hektare, serta benih pisang cavendish dan benih jagung manis masing-masing untuk 30 hektare.

"Saya datang bawa bantuan untuk para petani. Laporkan kalau setelah saya pulang barang ini tidak diterima oleh gapoktan (gabungan kelompok tani) laporkan kepada saya. Yang belum mendapat bantuan, tulis surat apa saja yang dibutuhkan. Insyaallah saya bantu solusinya," imbuh mantan menko PMK itu.

Sejumlah perwakilan warga kemudian diminta untuk menyampaikan aspirasinya. Seorang ibu dari kelompok wanita tani (KWT), Dessi mengucapkan terima kasih atas bantuan dari DPR yang memfasilitasi pemberian bibit bagi masyarakat.

"Mandat bantuan sudah kami rasakan, kami sudah memanfaatkan lahan halaman untuk menanam sayuran. Produk sudah dipasarkan tapi kurang sarana transportasi. Kami mohon bantuan agar bisa masuk pasar modern," ungkapnya.

Baca selanjutnya
Sementara itu, seorang warga setempat bernama Hadiguna mengatakan ubi Cilembu yang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Saksi akad nikah Kaesang Pangarep adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan saksi akad Nikah Erina Gudono adalah Mensesneg Pratikno. 

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE