Logo BeritaSatu

Pernyataan SBY dan AHY Disebut Rugikan Partai Demokrat

Sabtu, 24 September 2022 | 20:59 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Peneliti senior Formappi, Lucius Karus menilai pernyataan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah merugikan Partai Demokrat.

Diketahui, SBY yang merupakan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sebelumnya menyatakan akan turun gunung karena adanya indikasi Pemilu 2024 tidak jujur dan tidak adil. Sementara, AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat mengkritik dan membandingkan capaian infrastruktur era Jokowi dengan SBY.

Lucius menyatakan, pernyataan yang disampaikan ayah dan anak itu merugikan Partai Demokrat karena tidak didukung data yang kuat.

"Klaim infrastruktur (AHY) dan kecurangan Pemilu 2024 (SBY) justru tidak menguntungkan Partai Demokrat," ujar Lucius dalam diskusi bertajuk "Perang Klaim Infrastruktur dan Tudingan Pemilu Curang 2024" di D'Hotel Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Lucius menduga klaim AHY soal infrastruktur pada rezim Jokowi dengan membandingkan dengan era SBY bertujuan mendapatkan keuntungan elektoral. Hanya saja, kata Lucius, klaim infrastruktur tersebut justru menjadi blunder karena tidak didukung dengan data-data yang kuat.

"Alih alih kemudian dengan itu dia (AHY) bisa mengambil lebih banyak pendukung Jokowi untuk kemudian masuk dalam gerbong Partai Demokrat, dengan justru mengeklaim sesuatu yang tidak sesuai fakta atau data, dia (AHY) justru mungkin akan mendapatkan antipati dari pendukung Jokowi," tegasnya.

Hal yang sama, kata Lucius, terjadi terkait pernyataan SBY soal kecurangan Pemilu 2024. Dia mengaku aneh dengan pernyataan SBY tersebut karena saat ini belum ada peserta Pemilu 2024. Klaim SBY tersebut, kata dia, akhirnya memicu pihak lain curiga akan dugaan kecurangan pemilu pada saat SBY berkuasa.

"Karena ini masih sangat jauh pemilunya, penting untuk mengatur kembali strategi komunikasi, strategi politik dari Partai Demokrat untuk memastikan dia tidak justru akan semakin dikerdilkan oleh karena klaim-klaim yang bisa dengan mudah dibantah dengan data yang ada sekarang ini," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

Zulkifli Hasan alias Zulhas mengibaratkan partai-partai kecil seperti tim sepak bola Arab Saudi dan Jepang yang bsia mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

NEWS | 30 November 2022

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE