Logo BeritaSatu

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Sabtu, 24 September 2022 | 23:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek. Hal itu ditegaskan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih.

Fikri mengatakan bahwa frasa shadow team atau tim bayangan setara direktur jenderal (dirjen) yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam forum United Nations Transforming Education Summit di Markas Besar PBB sangat berlebihan dan merendahkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Frasa/term shadow organization dalam penjelasan Nadiem di forum tersebut sangat berlebihan dan merendahkan SDM yang ada di Kemendikbudristek," kata Fikri melalui keterangan pers tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Dikatakan Fikri, hal tersebut perlu ada penjelasan resmi dari Nadiem kepada Komisi X DPR terkait peran, fungsi, dan anggarannya dalam struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) Kemendikbudristek.

Fikri menuturkan, secara internal Kemendikbudristek melalui Inspektorat Jenderal (Itjen) perlu mengaudit sejauh mana sistem kerja peran shadow team Nadiem. Terutama dalam penggunaan dan pertanggung jawaban anggaran.

"Karena dalam statement Nadiem, ketua tim shadow setara dengan dirjen," ucapnya.

Fikri menuturkan, dalam konteks akselerasi transformasi teknologi dalam dunia pendidikan, Komisi X DPR dalam posisi selalu mendukung. Namun, perlu ada roadmapatau peta jalan yang jelas karena kebijakan pendidikan menyangkut masa depan bangsa dan penggunaan teknologi adalah tools daya dukungnya.

"Bahkan Komisi X sudah lama merekomendasi Kemdikbudikristek untuk membuat peta jalan pendidikan, yang sampai saat ini tak kunjung diselesaikan," ucapnya.

Selanjutnya, Fikri mendorong Nadiem untuk segera membuka diri dengan berdialog dan berkomunikasi langsung dengan berbagai elemen pemangku kepentingan yang ada di dalam negeri.

"Jika Nadiem percaya diri dengan apa yang dipaparkan di forum internasional tersebut, maka mulailah membuka diri untuk berdialog dan komunikasi langsung dengan berbagai elemen pemangku kepentingan pendidikan yang ada di dalam negeri," ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hilirisasi Industri, Jokowi Tidak Mau Dengar Investor Dipersulit

Hilirisasi Industri, Jokowi Tidak Mau Dengar Investor Dipersulit

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE