Logo BeritaSatu

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Minggu, 25 September 2022 | 04:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta di Beijing terhadap Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Seperti dilaporkan Indiatvnews, Sabtu (24/9/2022), laporan menunjukkan bahwa Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah setelah dia dicopot dari jabatan kepala Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Beberapa laporan media mengklaim penerbangan internasional dan domestik ke dan dari Beijing telah dihentikan. Kendaraan militer PLA juga diduga menuju Beijing pada 22 September saat kudeta presiden Tiongkok itu.

Pada Sabtu (24/9), beberapa laporan media mengklaim Presiden Tiongkok Xi Jinping saat ini berada di bawah tahanan rumah. Laporan menambahkan bahwa ibu kota Beijing saat ini berada di bawah kendali tentara. Laporan kudeta Tiongkok itu belum dikonfirmasi oleh media kredibel Tiongkok, atau telah dikonfirmasi secara independen oleh TV India.

Satu laporan oleh News Highland Vision menyatakan bahwa mantan presiden Tiongkok, Hu Jintao dan mantan PM Wen Jibao membujuk Song Ping, mantan anggota Komite Tetap, untuk bergabung dengan mereka dan mengambil kendali Biro Pengawal Pusat (CBG). Selama ini, CGB bertanggung jawab atas keamanan Presiden, dan komite tetap Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa.

Video yang muncul di media sosial dari akun yang tidak diverifikasi menunjukkan konvoi tentara besar berkeliling di sekitar Beijing. Cuitan menyebutkan bahwa Presiden Xi Jinping dikudeta dan telah dipecat.

Laporan tersebut lebih lanjut mengklaim bahwa penerbangan internasional dan domestik ke dan dari Beijing telah dihentikan, dan bahwa kota tersebut telah terputus dari seluruh dunia. Klaim menambahkan bahwa Presiden Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah setelah dia dicopot dari jabatan kepala PLA.

Video menambahkan bahwa konvoi tentara besar panjangnya sekitar 80 km dan menuju ke Beijing. Desas-desus menunjukkan bahwa kendaraan militer PLA akan menuju Beijing pada 22 September. Konvoi itu diduga dimulai dari Kabupaten Huanlai dekat Beijing, berakhir di kota Zhangjiakou.

Segera setelah Jintao dan Jibao mengambil alih CBG, rumor menambahkan, anggota Komite Sentral di Beijing dihubungi melalui telepon. Hal ini menyebabkan Xi diduga ditahan di bandara ketika dia kembali dari Samarkand di Uzbekistan, tempatnya menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai, atau SCO.

Laporan kudeta Tiongkok menyatakan bahwa anggota CGB telah mengadakan beberapa pertemuan tertutup dalam 10 hari terakhir. Laporan yang sama menambahkan bahwa tindakan ini diambil dengan tujuan mengambil alih kekuasaan dari Xi.

Juga dikatakan bahwa ketika Xi Jinping berada di Samarkand, mantan PM dan mantan presiden telah berkomplot melawan Presiden. Ini adalah hasil dari kemungkinan Xi untuk menjadi presiden Tiongkok untuk ketiga kalinya berturut-turut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mentan: Rakyat Bisa Tanam Buah dan Sayur, Kenapa Impor?

Mentan mengkritik banyaknya sayur dan buah impor yang membanjiri pasar Indonesia, padahal sebetulnya buah dan sayur lokal punya kualitas yang sama baiknya.

NEWS | 2 Desember 2022

Mentan Dorong Buah dan Sayur Lokal Tembus Pasar Ekspor

Mentan Syahrul Yasin Limpo mendorong lebih banyak lagi produk pertanian Indonesia untuk bisa menembus pasar ekspor, terutama sayuran dan buah-buahan.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembangunan SDM TNI Jadi Prioritas Pertama Yudo Margono

Pembangunan SDM di internal TNI menjadi prioritas pertama Laksamana Yudo Margono jika terpilih menjadi Panglima TNI.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini Pendapat Yudo Margono Soal Alutsista Modern TNI

Yudo Margono meyakini alat utama sistem senjata (alutsista) yang modern bisa membuat TNI siap menghadapi semua kemungkinan ancaman terhadap Indonesia.

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Tegaskan Prajurit TNI Harus Tampil Sederhana

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan prajurit TNI harus menampilkan diri dan memberi contoh ke rakyat banyak mengenai sikap sederhana.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembunuhan Keluarga di Magelang, Pelaku Belajar dari Kasus Sianida

Penyidikan pembunuhan keluarga di Magelang mengungkap fakta baru. DDS yang tega meracuni keluarganya hingga tewas menyebut belajar dari kasus sianida. 

NEWS | 2 Desember 2022

Buktikan Sinergisitas TNI-Polri, Yudo Margono Pamer Foto dengan Istri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memamerkan foto dirinya dengan sang istri, AKBP Veronica Yulis Prihayati untuk membuktikan sinegisitas TNI-Polri.

NEWS | 2 Desember 2022

Visi Yudo Margono: TNI sebagai Patriot NKRI

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memaparkan visinya yaitu mewujudkan institusi TNI sebagai patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

NEWS | 2 Desember 2022

Istri dan Anak Ismail Bolong Diperiksa, Polisi: Semakin Menguatkan

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah memeriksa istri dan anak Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal 

NEWS | 2 Desember 2022

Perang Rusia-Ukraina hingga Pemilu 2024 Jadi Perhatian Yudo Margono

Perang Rusia-Ukraina hingga Pemilu 2024 menjadi perhatian calon Panglima TNI Yudo Margono saat menjalani fit and proper test di Komisi I DPR. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

SEMESTA BOLA 2022 | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE