Logo BeritaSatu

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Minggu, 25 September 2022 | 04:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta di Beijing terhadap Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Seperti dilaporkan Indiatvnews, Sabtu (24/9/2022), laporan menunjukkan bahwa Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah setelah dia dicopot dari jabatan kepala Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Beberapa laporan media mengklaim penerbangan internasional dan domestik ke dan dari Beijing telah dihentikan. Kendaraan militer PLA juga diduga menuju Beijing pada 22 September saat kudeta presiden Tiongkok itu.

Pada Sabtu (24/9), beberapa laporan media mengklaim Presiden Tiongkok Xi Jinping saat ini berada di bawah tahanan rumah. Laporan menambahkan bahwa ibu kota Beijing saat ini berada di bawah kendali tentara. Laporan kudeta Tiongkok itu belum dikonfirmasi oleh media kredibel Tiongkok, atau telah dikonfirmasi secara independen oleh TV India.

Satu laporan oleh News Highland Vision menyatakan bahwa mantan presiden Tiongkok, Hu Jintao dan mantan PM Wen Jibao membujuk Song Ping, mantan anggota Komite Tetap, untuk bergabung dengan mereka dan mengambil kendali Biro Pengawal Pusat (CBG). Selama ini, CGB bertanggung jawab atas keamanan Presiden, dan komite tetap Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa.

Video yang muncul di media sosial dari akun yang tidak diverifikasi menunjukkan konvoi tentara besar berkeliling di sekitar Beijing. Cuitan menyebutkan bahwa Presiden Xi Jinping dikudeta dan telah dipecat.

Laporan tersebut lebih lanjut mengklaim bahwa penerbangan internasional dan domestik ke dan dari Beijing telah dihentikan, dan bahwa kota tersebut telah terputus dari seluruh dunia. Klaim menambahkan bahwa Presiden Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah setelah dia dicopot dari jabatan kepala PLA.

Video menambahkan bahwa konvoi tentara besar panjangnya sekitar 80 km dan menuju ke Beijing. Desas-desus menunjukkan bahwa kendaraan militer PLA akan menuju Beijing pada 22 September. Konvoi itu diduga dimulai dari Kabupaten Huanlai dekat Beijing, berakhir di kota Zhangjiakou.

Segera setelah Jintao dan Jibao mengambil alih CBG, rumor menambahkan, anggota Komite Sentral di Beijing dihubungi melalui telepon. Hal ini menyebabkan Xi diduga ditahan di bandara ketika dia kembali dari Samarkand di Uzbekistan, tempatnya menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai, atau SCO.

Laporan kudeta Tiongkok menyatakan bahwa anggota CGB telah mengadakan beberapa pertemuan tertutup dalam 10 hari terakhir. Laporan yang sama menambahkan bahwa tindakan ini diambil dengan tujuan mengambil alih kekuasaan dari Xi.

Juga dikatakan bahwa ketika Xi Jinping berada di Samarkand, mantan PM dan mantan presiden telah berkomplot melawan Presiden. Ini adalah hasil dari kemungkinan Xi untuk menjadi presiden Tiongkok untuk ketiga kalinya berturut-turut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Jepang Unggul 1-0

Jepang untuk sementara unggul 1-0 atas Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Gol tunggal Jepang dicetak striker Dazen Maeda.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE