Logo BeritaSatu

TikTok Larang Penggalangan Dana Kampanye Politik AS

Minggu, 25 September 2022 | 07:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

California, Beritasatu.com- TikTok melarang penggalangan dana kampanye politik Amerika Serikat (AS) di platformnya. Seperti dilaporkan Financial Times, Kamis (22/9/2022), Langkah ini dilakukan saat aplikasi media sosial menghadapi tekanan untuk mengatasi misinformasi menjelang pemilihan paruh waktu AS.

Dalam satu posting blog pada hari Rabu, aplikasi video bentuk pendek mengatakan akan mulai menguji coba "verifikasi wajib" untuk semua akun milik politisi AS, partai politik dan kelompok pemerintah hingga akhir pemilu sela pada bulan November.
Perusahaan, yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di Tiongkok, telah melarang iklan politik di platform, termasuk video influencer politik berbayar.

Namun, dikatakan bahwa sekarang juga akan melarang politisi dan akun politik untuk meminta sumbangan atau menerima hadiah melalui platform, dan menggunakan kemampuan e-niaganya, misalnya untuk menjual barang dagangan.

TikTok meledak dalam popularitas selama pandemi, terutama di kalangan demografis “Gen Z”, dan telah menjadi alat utama bagi politisi Demokrat dan Republik untuk menjangkau audiens yang lebih muda.

Secara khusus, TikTok juga menghadapi kekhawatiran dari anggota parlemen AS atas praktik datanya dan ancaman terhadap keamanan nasional jika informasi pengguna pribadi dapat diakses oleh pemerintah Tiongkok, satu tudingan yang dibantah perusahaan.

Kritikus telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Tiongkok juga dapat memengaruhi kebijakan moderasi kontennya, baik menyensor konten atau meningkatkan propaganda—sekali lagi tuduhan yang dibantah TikTok.

TikTok, yang menyebut dirinya sebagai "platform hiburan", menyatakan bahwa perubahan terbaru dirancang untuk memastikan aplikasi "tetap menjadi pengalaman yang menyenangkan, positif, dan menyenangkan".

“Kami bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara memungkinkan orang untuk mendiskusikan masalah yang relevan dengan kehidupan mereka sambil juga melindungi platform kreatif dan menghibur yang diinginkan komunitas kami,” Blake Chandlee, presiden solusi bisnis global TikTok, mengatakan.

Pemerintahan Presiden Joe Biden sedang meninjau upaya mantan presiden Donald Trump untuk melarang TikTok dengan alasan keamanan nasional, dan aplikasi tersebut juga menghadapi pengawasan dari Komite Investasi Asing AS, atau Cfius, panel pemerintah yang meninjau investasi asing.

Sesuai dengan tuntutan pemerintah AS dan Cfius, perusahaan tersebut bekerja sama dengan perusahaan perangkat lunak cloud AS Oracle untuk memastikan data pengguna Amerika disimpan di negara tersebut. Kerja sama ini juga bertujuan untuk memperkenalkan lebih banyak kontrol ketika staf Tiongkok memiliki akses ke data tersebut.

Namun, selama sidang Senat AS tentang dampak media sosial terhadap keamanan dalam negeri pekan lalu, chief operating officer TikTok Vanessa Pappas menolak untuk berkomitmen untuk memutus semua aliran data pengguna AS ke Tiongkok. Para staf TikTok atau ByteDance yang berbasis di Tiongkok membuat jengkel anggota parlemen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ronaldo Main, Ini Susunan Pemain Portugal vs Uruguay

Ronaldo Main, Ini Susunan Pemain Portugal vs Uruguay

SEMESTA BOLA 2022 | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE