Logo BeritaSatu

Uni Eropa Yakin Putin Tak Menggertak Soal Senjata Nuklir

Minggu, 25 September 2022 | 09:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) meyakini Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menggertak soal senjata nuklir. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (24/9/2022), Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri Josep Borrell mengatakan ucapan presiden Rusia harus dianggap "serius".

"Ketika orang mengatakan itu bukan gertakan, Anda harus menganggapnya serius," kata Borrell kepada BBC.

Kepada BBC pada Sabtu, Borrell mengatakan percaya Presiden Rusia Vladimir Putin bersama-sama akan menggunakan senjata nuklir jika pasukan Moskwa terdesak. Borrell menyerukan kesepakatan damai, tetapi kesepakatan yang disarankannya kemungkinan tidak akan dimulai.

“Konflik di Ukraina telah mencapai momen berbahaya. Ini momen berbahaya karena tentara Rusia telah terpojok, dan reaksi Putin—mengancam menggunakan senjata nuklir—sangat buruk,” kata diplomat itu kepada penyiar Inggris.

Klaim Borrell bahwa militer Rusia telah terpojok kemungkinan didasarkan pada fakta bahwa Ukraina berhasil merebut petak besar tanah di wilayah Kharkov awal bulan ini.

Namun, pasukan Ukraina yang unggul secara numerik masih menelan banyak korban melawan kontingen Rusia dan sekutu yang relatif kecil, yang mundur tanpa menderita kerugian besar, menurut Moskwa.

Setelah serangan Ukraina, pada hari Rabu, Putin mengumumkan mobilisasi parsial sekitar 300.000 tentara, jumlah yang dikatakan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu berjumlah 1% dari potensi mobilisasi penuh negara itu.

Putin juga memperingatkan bahwa Rusia akan mempertahankan wilayahnya – berpotensi termasuk republik Donbass Donetsk dan Lugansk, serta wilayah Zaporozhye dan Kherson setelah referendum minggu ini – dengan semua cara yang tersedia bagi kita,” termasuk “berbagai senjata pemusnah.

“Saya tidak menggertak,” tambah pemimpin Rusia itu.

Diplomat Uni Eropa, yang sebelumnya bersikeras bahwa perang ini akan dimenangkan di medan perang mengatakan bahwa “solusi diplomatik” harus dicapai. Meskipun demikian, solusi diplomatic itu harus tetap “melestarikan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.”

Selain fakta bahwa empat bekas wilayah Ukraina kemungkinan besar akan memilih untuk bergabung dengan Rusia dalam hitungan hari, definisi Borrell tentang integritas teritorial Ukraina kemungkinan besar sejalan dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, yang telah bersumpah untuk merebut dua republik Donbass. Pada 2014, Donbass mendeklarasikan kemerdekaan dari Ukraina dan Krimea, yang memilih untuk bergabung kembali dengan Rusia pada tahun yang sama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda vs AS di 16 Besar

Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda vs AS di 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 33 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE