Logo BeritaSatu

Uni Eropa Yakin Putin Tak Menggertak Soal Senjata Nuklir

Minggu, 25 September 2022 | 09:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) meyakini Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menggertak soal senjata nuklir. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (24/9/2022), Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri Josep Borrell mengatakan ucapan presiden Rusia harus dianggap "serius".

"Ketika orang mengatakan itu bukan gertakan, Anda harus menganggapnya serius," kata Borrell kepada BBC.

Kepada BBC pada Sabtu, Borrell mengatakan percaya Presiden Rusia Vladimir Putin bersama-sama akan menggunakan senjata nuklir jika pasukan Moskwa terdesak. Borrell menyerukan kesepakatan damai, tetapi kesepakatan yang disarankannya kemungkinan tidak akan dimulai.

“Konflik di Ukraina telah mencapai momen berbahaya. Ini momen berbahaya karena tentara Rusia telah terpojok, dan reaksi Putin—mengancam menggunakan senjata nuklir—sangat buruk,” kata diplomat itu kepada penyiar Inggris.

Klaim Borrell bahwa militer Rusia telah terpojok kemungkinan didasarkan pada fakta bahwa Ukraina berhasil merebut petak besar tanah di wilayah Kharkov awal bulan ini.

Namun, pasukan Ukraina yang unggul secara numerik masih menelan banyak korban melawan kontingen Rusia dan sekutu yang relatif kecil, yang mundur tanpa menderita kerugian besar, menurut Moskwa.

Setelah serangan Ukraina, pada hari Rabu, Putin mengumumkan mobilisasi parsial sekitar 300.000 tentara, jumlah yang dikatakan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu berjumlah 1% dari potensi mobilisasi penuh negara itu.

Putin juga memperingatkan bahwa Rusia akan mempertahankan wilayahnya – berpotensi termasuk republik Donbass Donetsk dan Lugansk, serta wilayah Zaporozhye dan Kherson setelah referendum minggu ini – dengan semua cara yang tersedia bagi kita,” termasuk “berbagai senjata pemusnah.

“Saya tidak menggertak,” tambah pemimpin Rusia itu.

Diplomat Uni Eropa, yang sebelumnya bersikeras bahwa perang ini akan dimenangkan di medan perang mengatakan bahwa “solusi diplomatik” harus dicapai. Meskipun demikian, solusi diplomatic itu harus tetap “melestarikan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.”

Selain fakta bahwa empat bekas wilayah Ukraina kemungkinan besar akan memilih untuk bergabung dengan Rusia dalam hitungan hari, definisi Borrell tentang integritas teritorial Ukraina kemungkinan besar sejalan dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, yang telah bersumpah untuk merebut dua republik Donbass. Pada 2014, Donbass mendeklarasikan kemerdekaan dari Ukraina dan Krimea, yang memilih untuk bergabung kembali dengan Rusia pada tahun yang sama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022

Bukan Hajar, Eliezer Tegaskan Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J

Richard Eliezer atau Bharada E menegaskan Ferdy Sambo memberikan perintah untuk menembak Brigadir J, bukan menghajarnya.

NEWS | 7 Desember 2022

Ismail Bolong Tegaskan Tidak Pernah Bertemu Kabareskrim

Melalui pengacaranya, Ismail Bolong menegaskan tidak pernah bertemu dengan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto terkait kasus tambang ilegal di Kaltim. 

NEWS | 7 Desember 2022

Perwira Polda Banten Dikeroyok di Depan Rumahnya di Serang

Seorang perwira Polri, Ipda MD yang bertugas di Ditkrimsus Polda Banten dikeroyok sekelompok orang di depan rumahnya di Serang, Banten. 

NEWS | 7 Desember 2022

Kesaksian Ferdy Sambo Dinilai Bisa Bebaskan Eliezer

Ronny Talapessy, kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E menilai kesaksian Ferdy Sambo bisa membebaskan kliennya dari kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya tetap semangat dalam melayani masyarakat saat menjenguk korban bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Bertahan di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Takut Pulang

Para korban gempa Cianjur banyak yang memilih bertahan di pengungsian. Korban gempa Cianjur mengaku trauma dan masih takut untuk pulang ke rumah mereka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bantah Tembak Brigadir J, Ferdy Sambo Dicecar Hakim

Ferdy Sambo dicecar oleh majelis hakim PN Jaksel karena terus membantah turut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE