Logo BeritaSatu

Iran Ancam Respons Balasan untuk Ukraina setelah Dubes Diusir

Minggu, 25 September 2022 | 10:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Teheran, Beritasatu.com- Iran menjanjikan respons balasan yang tepat untuk Ukraina atas tindakan pengusiran duta besarnya. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (24/9/2022), Teheran telah menyatakan "penyesalan" atas keputusan Kyiv untuk mengusir duta besarnya atas dugaan pengiriman pesawat nirawak ke Rusia.

“Iran menyesali keputusan Ukraina untuk mengusir utusan negara itu dan akan membuat tanggapan yang tepat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani pada hari Sabtu.

Kyiv menuduh Teheran memasok drone serang ke Rusia, menyebut dugaan pengiriman itu sebagai tindakan tidak bersahabat yang memberikan pukulan serius bagi hubungan Ukraina-Iran.

“Teheran tetap netral dalam konflik antara Moskwa dan Kyiv," kata Kanani, seraya menambahkan bahwa pihaknya berharap untuk "penyelesaian damai" dari permusuhan.

Iran menyatakan keputusan Kyiv dibuat di bawah pengaruh "propaganda" dari media asing dan laporan yang belum dikonfirmasi.

Ukraina mencabut akreditasi duta besar Teheran di Kyiv pada hari Jumat, berjanji untuk "secara signifikan mengurangi" jumlah staf diplomatik Iran di kedutaan negara itu.

“Dugaan pasokan senjata ke Rusia secara langsung bertentangan dengan posisi netralitas, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, yang diumumkan secara terbuka oleh pimpinan tertinggi Iran,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Langkah itu dilakukan di tengah klaim dari militer Ukraina bahwa mereka telah menghancurkan enam “drone kamikaze Rusia yang disediakan oleh Iran.” Rekaman yang beredar daring menunjukkan bagian-bagian dari drone bertanda Geran-2, yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan Shahed-136 buatan Iran.

Video lain menunjukkan kendaraan udara nirawak besar, yang dikatakan telah ditarik oleh pasukan Ukraina di perairan Laut Hitam di lepas kota pelabuhan barat daya Odessa. Pesawat itu tampaknya mirip dengan serangan dan pengintaian Mohajer-6 buatan Iran.

Teheran pertama kali dituduh oleh AS memasok drone ke Rusia di tengah konflik di Ukraina pada Juli, yang dibantah Iran. Moskow mengomentari masalah ini pada akhir Agustus, dengan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak klaim itu sebagai "isian informasi," sambil memuji hubungan "dinamis" yang berkembang dengan Teheran.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE