Logo BeritaSatu

Iran Ancam Respons Balasan untuk Ukraina setelah Dubes Diusir

Minggu, 25 September 2022 | 10:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Teheran, Beritasatu.com- Iran menjanjikan respons balasan yang tepat untuk Ukraina atas tindakan pengusiran duta besarnya. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (24/9/2022), Teheran telah menyatakan "penyesalan" atas keputusan Kyiv untuk mengusir duta besarnya atas dugaan pengiriman pesawat nirawak ke Rusia.

“Iran menyesali keputusan Ukraina untuk mengusir utusan negara itu dan akan membuat tanggapan yang tepat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani pada hari Sabtu.

Kyiv menuduh Teheran memasok drone serang ke Rusia, menyebut dugaan pengiriman itu sebagai tindakan tidak bersahabat yang memberikan pukulan serius bagi hubungan Ukraina-Iran.

“Teheran tetap netral dalam konflik antara Moskwa dan Kyiv," kata Kanani, seraya menambahkan bahwa pihaknya berharap untuk "penyelesaian damai" dari permusuhan.

Iran menyatakan keputusan Kyiv dibuat di bawah pengaruh "propaganda" dari media asing dan laporan yang belum dikonfirmasi.

Ukraina mencabut akreditasi duta besar Teheran di Kyiv pada hari Jumat, berjanji untuk "secara signifikan mengurangi" jumlah staf diplomatik Iran di kedutaan negara itu.

“Dugaan pasokan senjata ke Rusia secara langsung bertentangan dengan posisi netralitas, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, yang diumumkan secara terbuka oleh pimpinan tertinggi Iran,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Langkah itu dilakukan di tengah klaim dari militer Ukraina bahwa mereka telah menghancurkan enam “drone kamikaze Rusia yang disediakan oleh Iran.” Rekaman yang beredar daring menunjukkan bagian-bagian dari drone bertanda Geran-2, yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan Shahed-136 buatan Iran.

Video lain menunjukkan kendaraan udara nirawak besar, yang dikatakan telah ditarik oleh pasukan Ukraina di perairan Laut Hitam di lepas kota pelabuhan barat daya Odessa. Pesawat itu tampaknya mirip dengan serangan dan pengintaian Mohajer-6 buatan Iran.

Teheran pertama kali dituduh oleh AS memasok drone ke Rusia di tengah konflik di Ukraina pada Juli, yang dibantah Iran. Moskow mengomentari masalah ini pada akhir Agustus, dengan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak klaim itu sebagai "isian informasi," sambil memuji hubungan "dinamis" yang berkembang dengan Teheran.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE