Logo BeritaSatu

Swedia Catat Tahun Kekerasan Senjata Paling Mematikan

Minggu, 25 September 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Stockholm, Beritasatu.com- Swedia mencatat tahun kekerasan senjata paling mematikan. Seperti dilaporkan Xinhua, Jumat (23/9/2022), 48 orang sejauh ini telah ditembak mati di Swedia tahun 2022.

Pada Jumat, Otoritas Kepolisian Swedia menjadikan 2022 tahun paling mematikan di negara itu sejak 2016. Rekor tahunan sebelumnya ditetapkan pada tahun 2020, ketika 47 orang meninggal karena cedera terkait senjata.

Dalam beberapa tahun terakhir, penembakan paling fatal terjadi di wilayah Stockholm. Otoritas Kepolisian mengatakan kepada harian Swedia Dagens Nyheter (DN) pada Agustus bahwa situasinya "sangat serius, terutama di Stockholm, karena banyak konflik kriminal paling serius terjadi di sana.

Pihak kepolisian sedang mengatakan sedang bekerja untuk meningkatkan kesiapsiagaannya untuk mencegah kekerasan berat dan kejahatan geng.

"Terlepas dari kenyataan bahwa kami telah melakukan investasi terbesar dalam sejarah dalam penegakan hukum dan memiliki lebih banyak petugas polisi daripada sebelumnya, dan meskipun ada rekor jumlah penjahat yang ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara yang lama, penembakan terus berlanjut," kata Menteri Kehakiman dan Dalam Negeri Urusan Morgan Johansson.

Menurut Johansson, penembakan terus berlanjut karena untuk setiap pelaku yang ditangkap, setidaknya ada satu orang lagi yang siap mengisi posisi yang menjadi kosong.

Satu laporan yang dipresentasikan oleh Dewan Nasional Swedia untuk Pencegahan Kejahatan musim semi lalu menunjukkan bahwa Swedia adalah satu-satunya di antara 22 negara yang dibandingkan di Eropa, tempat tren penembakan fatal terus meningkat.

Peningkatan penembakan fatal di Swedia dimulai pada pertengahan 2000-an, tetapi peningkatan tersebut mendapatkan momentum baru pada tahun 2013 dan terus berlanjut.

Menurut laporan itu, delapan dari sepuluh penembakan fatal di Swedia terjadi di lingkungan geng. Otoritas Kepolisian mengidentifikasi 61 daerah di negara itu yang "sangat rentan" terhadap kejahatan jalanan dan perdagangan narkoba.

Kejahatan dan kekerasan senjata menjadi agenda utama dalam pemilihan umum Swedia baru-baru ini. Politisi dari semua partai besar berjanji untuk mengatasi tingkat kejahatan yang melonjak. Pemilihan tersebut melihat Demokrat Swedia yang anti-imigrasi sayap kanan menjadi partai terbesar kedua di negara itu dengan lebih dari 20 persen dukungan rakyat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Gol Kylian Mbappe Antarkan Prancis ke Babak 16 Besar

2 Gol Kylian Mbappe Antarkan Prancis ke Babak 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE