Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Temukan "Harta Karun Batavia", Ini yang Akan Dilakukan MRT

Minggu, 25 September 2022 | 11:30 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / FMB
Sejumlah pekerja berusaha membersihkan terakota yang berada di proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2 CP-203 di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Selasa 20 September 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta memindahkan beberapa cagar budaya yang ditemukan saat pembangunan MRT fase 2 yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota.

Berdasarkan pernyataan dari salah satu humas MRT Jakarta pada Sabtu (24/9/2022), ditemukannya beberapa cagar budaya pada pembangunan MRT fase 2 adalah benar adanya. Barang-barang tersebut juga sudah dipindahkan ke Galeri MRT yang ada di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Sebelumnya, Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim, mengatakan, saat melakukan proses checking, pihaknya menemukan banyak sekali cagar budaya di lokasi. Pihaknya berusaha menyelamatkan dan memastikan agar cagar budaya tersebut tidak rusak dan bisa selamat.

"Kami melakukan checking dan menemukan banyak sekali cagar budaya. Kami memastikan penyelamatan cagar budaya tersebut sebelum mulai membangun terowongan maupun stasiun MRT di fase 2 yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota", kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim, di Jakarta, Selasa.

Cagar budaya yang ditemukan saat PT MRT Jakarta berupa jembatan kuno Glodok dan jalur air Terakota Batavia, pada Desember 2021 dan Juli 2022.

Silvia menambahkan, demi menjaga cagar budaya tersebut, pihaknya akan melestarikan penemuan tersebut dengan memajang di museum MRT.

“Menggunakannya kembali pada bangunan stasiun dan menjadikannya bagian arsitektur bangunan;” imbuhnya

Diketahui, PT MRT Jakarta mulai melakukan pengerjaan fase 2 koridor Bundaran Hotel Indonesia-Stasiun Kota pada 14 Februari 2022 dan saat ini telah mencapai 15%. Saat ini, PT MRT Jakarta baru melayani satu koridor yakni dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI dengan jalur melayang dan melewati terowongan, sedangkan pada koridor 2 dari Bundaran HI hingga Jakarta Kota menggunakan jalur terowongan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI