Logo BeritaSatu

RUU Sisdiknas Perlu Pokja Nasional Libatkan Akademisi

Minggu, 25 September 2022 | 13:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk penyempurnaan draf Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas), Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) segera membentuk tim panitia kerja (Pokja) Nasional RUU Sisdiknas.

Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim menuturkan, tim pokja tersebut dibekali surat keputusan penugasan resmi dari Kemendikbudristek. Mereka yang menjadi tim pokja nasional harus berasal dari stakeholder atau pemangku kepentingan yang memahami tentang pendidikan di Tanah Air seperti akademisi, tokoh pendidikan, perwakilan organisasi guru, dan dosen. "Tim pokja nasional ini untuk merapikan RUU Sisdiknas yang masih berantakan dan ketidaksinkronan antara naskah akademik dengan batang tubuh RUU," kata Satriwan, Sabtu (24/9/2022).

Ia menegaskan, tim pokja dibentuk dengan dasar landasan spirit gotong royong pendidikan seluruh elemen bangsa. Sebagai bentuk transparansi dan akuntabel, kata Satriwan, nama-nama tim pokja nasional RUU Sisdiknas harus diumumkan secara transparan sebagai bentuk pertanggung jawaban pada publik, agar tidak terjadi kesan elitisme dalam tim.

"Hal ini juga sebagai bentuk keterbukaan, karena hingga sekarang Kemendikbudristek tidak pernah membuka siapa tim perumus RUU Sisdiknas yang melahirkan polemik selama ini," terang Satriwan.

Satriawan mengapresiasi keputusan Badan Legislasi (Baleg) DPR yang memutuskan tidak memasukkan RUU Sistem Pendidikan Nasional dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2022.

Kepala Bidang Advokasi Guru P2G, Iman Zanatul Haeri menambahkan, keputusan tersebut di satu sisi sebagai sinyal positif bagi organisasi guru seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), P2G, Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan lainnya yang selama ini meminta agar RUU Sisdiknas ditunda masuk prolegnas prioritas 2022.

"Artinya Kemendikbudristek diberikan waktu oleh DPR memperbaiki materi pasal-pasal dalam RUU yang berpotensi kuat merugikan hak-hak guru, seperti hilangnya pasal seperti tunjangan profesi guru," ucapnya.

Baca selanjutnya
Di sisi lain, Iman mengaku P2G masih khawatir, sebab pernyataan Ketua ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi orang pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang menjalankan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022

Top News, Perempat Final Piala Dunia 2022 dan Pernikahan Kaesang

Berita perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina vs Belanda dan Brasil vs Kroasia, serta pernikahan Kaesang menjadi berita terpopuler.

NEWS | 10 Desember 2022

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar: Kawasan Industri Kendal Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Ganjar Prawono menyebutkan Kawasan Industri Kendal saat ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

NEWS | 10 Desember 2022

5.000 Petugas Gabungan Bersihkan Material Bangunan Akibat Gempa Cianjur

5.000 petugas gabungan diterjunkan untuk membantu membersihkan puing dan material rumah yang rusak akibat gempa Cianjur,

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kala Jan Ethes Jadi Juru Bicara Dadakan di Midodareni Kaesang dan Erina

Kala Jan Ethes Jadi Juru Bicara Dadakan di Midodareni Kaesang dan Erina

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE