Logo BeritaSatu

Tiongkok Gunakan Robot untuk Uji Bom di Pesawat Hipersonik

Minggu, 25 September 2022 | 14:18 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok menggunakan robot untuk menguji bom ddi pesawat hipersonik. Seperti dilaporkan Newsweek, Jumat (23/9/2022), para peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Aerodinamika Tiongkok di provinsi Sichuan telah mengembangkan sistem captive trajectory system (CTS) baru yang menahan pesawat di tempat.

Menurut South China Morning Post, robot memungkinkan peneliti untuk menguji bagaimana pesawat itu terbang dan meluncur. semua kemungkinan arah pada kecepatan yang sangat tinggi, serta bagaimana kecepatan tinggi memengaruhi pelepasan objek seperti rudal.

“Ini memberi mereka kemampuan untuk menguji prototipe pembom hipersonik,” kata surat kabar South China Morning Post.

Kecepatan hipersonik didefinisikan melebihi Mach 5, atau lima kali kecepatan suara. Teknologi terowongan angin Tiongkok memecahkan rekor, mampu menghasilkan kecepatan angin hingga 33 Mach.

Menurut Interesting Engineering, teknologi terowongan angin sebelumnya menggunakan gas hidrogen panas yang mahal dan eksplosif, yang membuat konstruksi dan pemeliharaan terowongan angin seperti ini mahal dan berbahaya.

Desain ini, bagaimanapun, menggunakan gas nitrogen bertekanan tinggi yang lebih murah dan lembam untuk menggerakkan piston hingga ratusan mil per jam, mengompresi udara untuk menghasilkan gelombang kejut yang panas dan cepat, mensimulasikan kondisi yang dihadapi pesawat dengan kecepatan hipersonik.

Ilmuwan Tiongkok mengumumkan pada tahun 2021 bahwa mereka sedang mengerjakan drone hipersonik yang mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan Mach 5.

Teknologi datang sebagai bagian dari perlombaan senjata dalam teknologi hipersonik yang terjadi antara AS, Rusia dan Tiongkok, dengan masing-masing berusaha untuk mengembangkan pesawat yang lebih cepat dan rudal hipersonik.

Sistem captive trajectory telah ada sejak tahun 1960-an, menggunakan derek kecil untuk memindahkan objek dari pesawat terbang di terowongan angin untuk mensimulasikan pelepasan dua objek dengan kecepatan tinggi.

Namun, pengembangan CTS baru-baru ini oleh Lin Jinzhou dan tim di Pusat Penelitian dan Pengembangan Aerodinamika Tiongkok menggunakan dua lengan robot, yang memungkinkan mobilitas lebih dari yang biasa.

“Sejauh ini, tes CTS yang tersedia di negara lain hanya mendukung gerakan satu tubuh. Dalam rentang hipersonik, tidak ada laporan CTS digunakan sama sekali,” kata Lin dan para peneliti kepada South China Morning Post.

Gelombang kejut yang dihasilkan oleh kecepatan angin yang kuat di terowongan sangat kuat, artinya robot harus menahan kekuatan guncangan ini, tetapi juga menjaga margin kesalahan di bawah satu mikrometer, atau 0,0000033 kaki.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film<em> Alena Anak Ratu Iblis</em>

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

LIFESTYLE | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE