Logo BeritaSatu

Demokrat Minta Hasto PDIP Hentikan Sebar Hoaks Pemilu 2009 Curang

Minggu, 25 September 2022 | 14:19 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meminta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan jajarannya tidak lagi menyebarkan hoaks terkait Pemilu 2009 curang. Pasalnya, dugaan-dugaan kecurangan Pemilu 2009 sudah diproses secara hukum dan tidak terbukti.

"Seharusnya elite politik bisa memberikan contoh yang baik untuk rakyat. Menyampaikan informasi mengenai kejadian masa lalu yang memang ada data dan faktanya serta sudah terbukti secara hukum, bukan malah menyebar hoaks dan tuduhan secara serampangan di ruang publik," ujar Herzaky dalam keterangannya, dikutip Minggu (25/9/2022).

Herzaky berharap ruang publik tidak boleh dikotori lagi dengan hoaks. Pasalnya, kata dia, justru rakyat yang sedang susah, malah tambah susah mendengar suara-suara galau dan tidak mendidik dari elite politik seperti Hasto.

"10 pertanyaan Hasto itu kan sudah terjawab sebenarnya. Itu hanya hoaks dan fitnah. Mana buktinya? Kalau memang benar terjadi kecurangan di tahun 2009, pasti Mahkamah Konstitusi ketika itu sudah memutuskannya," tandas Herzaky.

Bahkan, kata Herzaky, Mahfud MD, Menko Polhukam Jokowi dan Ketua Mahkamah Konstitusi ketika Pemilu 2009, sudah memberikan statement atas dugaan kecurangan. Mahfud MD, kata Herzaky, menyebutkan kecurangan yang terjadi tahun 2009 bukan oleh pemerintahan SBY terhadap peserta pemilu (kecurangan vertikal), tetapi kecurangan antarpendukung parpol sebagai kontestan pemilu (kecurangan horizontal).

"Kasihan rakyat yang sedang susah. Sudah dibuat pusing dengan kenaikan harga BBM yang dilakukan pemerintah di tengah melonjaknya harga bahan-bahan pokok, padahal penghasilan rakyat tidak meningkat, sekarang malah tambah pusing mendengar rengekan Hasto yang tidak bisa berlapang dada menerima kekalahan mutlak ketika Pemilu 2009," tegas Herzaky.

Padahal, kata Herzaky, saat ini sudah tahun 2022 dan PDIP juga sudah menang di Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Menurut dia, seharusnya PDIP sudah move on dari sakit hati dan bisa menerima kekalahan mutlak dan terbesar sepanjang sejarah di tahun 2009 dari SBY dan Partai Demokrat.

"Lebih baik beliau bantu rakyat yang saat ini banyak banget yang sedang susah karena kenaikan BBM, banyak yang tambah susah karena harga-harga bahan pokok, listrik, gas, terus melonjak, dan jadi pengangguran akibat pandemi," ungkap dia.

"Buat hati rakyat jadi lebih tenang dengan pernyataan-pernyataan sejuk dan mendidik. Bukan lempar tudingan tak berdasar ke sana kemari, seakan tak ada empatinya kepada rakyat yang butuh ketenangan setelah dihujam dengan pemerintahan Jokowi menaikkan harga BBM yang tinggi sekali, mencapai 33,33%," pungkas Herzaky.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

BNPB: 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

PVMBG: Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Capai 13 Km

PVMBG menyatakan, luncuran awan panas guguran Gunung Semeru di Jawa Timur mencapai lebih dari 13 km.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Jakarta Diimbau Pantau Potensi Cuaca Ekstrem

Warga Jakarta diimbau memantau potensi cuaca ekstrem. Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

NEWS | 4 Desember 2022

Ganjar Pranowo Yakin Target Pengangkatan Sejuta Guru Tercapai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yakin target pengangkatan satu juta guru yang dicanangkan pemerintah akan tercapai.

NEWS | 4 Desember 2022

Cegah Geng Motor, TNI-Polri Tingkatkan Patroli di Sidoarjo

Guna mencegah serta mengantisipasi geng motor, personel TNI-Polri menggelar patroli bersama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Sidoarjo.

NEWS | 4 Desember 2022

6 Warga Semarang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Magetan

Enam warga Semarang, Jawa Tengah, tewas dalam kecelakaan bus di Magetang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Politisi Harus Belajar Sportivitas di Dunia Olahraga

Panggung politik Tanah Air, khususnya para politisi, perlu belajar semangat sportivitas yang tumbuh di dunia olahraga.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Lereng Semeru Mengungsi Akibat Luncuran Awan Panas

Sebagian warga yang berada di kawasan zona merah erupsi Gunung Semeru mengungsi ke sejumlah lokasi. Hal itu karena Gunung Semeru meletus.

NEWS | 4 Desember 2022

Polisi Gerebek Kantor Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan tim Subdit Siber Polda Sulawesi Utara, membongkar aktivitas pinjol ilegal yang berkedok sebagai koperasi.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE