Logo BeritaSatu

Demokrat Minta Hasto PDIP Hentikan Sebar Hoaks Pemilu 2009 Curang

Minggu, 25 September 2022 | 14:19 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meminta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan jajarannya tidak lagi menyebarkan hoaks terkait Pemilu 2009 curang. Pasalnya, dugaan-dugaan kecurangan Pemilu 2009 sudah diproses secara hukum dan tidak terbukti.

"Seharusnya elite politik bisa memberikan contoh yang baik untuk rakyat. Menyampaikan informasi mengenai kejadian masa lalu yang memang ada data dan faktanya serta sudah terbukti secara hukum, bukan malah menyebar hoaks dan tuduhan secara serampangan di ruang publik," ujar Herzaky dalam keterangannya, dikutip Minggu (25/9/2022).

Herzaky berharap ruang publik tidak boleh dikotori lagi dengan hoaks. Pasalnya, kata dia, justru rakyat yang sedang susah, malah tambah susah mendengar suara-suara galau dan tidak mendidik dari elite politik seperti Hasto.

"10 pertanyaan Hasto itu kan sudah terjawab sebenarnya. Itu hanya hoaks dan fitnah. Mana buktinya? Kalau memang benar terjadi kecurangan di tahun 2009, pasti Mahkamah Konstitusi ketika itu sudah memutuskannya," tandas Herzaky.

Bahkan, kata Herzaky, Mahfud MD, Menko Polhukam Jokowi dan Ketua Mahkamah Konstitusi ketika Pemilu 2009, sudah memberikan statement atas dugaan kecurangan. Mahfud MD, kata Herzaky, menyebutkan kecurangan yang terjadi tahun 2009 bukan oleh pemerintahan SBY terhadap peserta pemilu (kecurangan vertikal), tetapi kecurangan antarpendukung parpol sebagai kontestan pemilu (kecurangan horizontal).

"Kasihan rakyat yang sedang susah. Sudah dibuat pusing dengan kenaikan harga BBM yang dilakukan pemerintah di tengah melonjaknya harga bahan-bahan pokok, padahal penghasilan rakyat tidak meningkat, sekarang malah tambah pusing mendengar rengekan Hasto yang tidak bisa berlapang dada menerima kekalahan mutlak ketika Pemilu 2009," tegas Herzaky.

Padahal, kata Herzaky, saat ini sudah tahun 2022 dan PDIP juga sudah menang di Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Menurut dia, seharusnya PDIP sudah move on dari sakit hati dan bisa menerima kekalahan mutlak dan terbesar sepanjang sejarah di tahun 2009 dari SBY dan Partai Demokrat.

"Lebih baik beliau bantu rakyat yang saat ini banyak banget yang sedang susah karena kenaikan BBM, banyak yang tambah susah karena harga-harga bahan pokok, listrik, gas, terus melonjak, dan jadi pengangguran akibat pandemi," ungkap dia.

"Buat hati rakyat jadi lebih tenang dengan pernyataan-pernyataan sejuk dan mendidik. Bukan lempar tudingan tak berdasar ke sana kemari, seakan tak ada empatinya kepada rakyat yang butuh ketenangan setelah dihujam dengan pemerintahan Jokowi menaikkan harga BBM yang tinggi sekali, mencapai 33,33%," pungkas Herzaky.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KUHP Disorot Australia, Sandiaga Uno Jamin Keamanan Wisman

Merespons keresahan sejumlah pihak terkait pengesahan KUHP, Menparekraf Sandiaga Uno menjamin keamanan ranah pribadi wisatawan selama berkunjung di Indonesia.

NEWS | 10 Desember 2022

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin membuka peluang untuk secepatnya menyelesaikan perang berkepanjangan di Ukraina.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Daftar Tamu Istimewa yang Hadir di Akad Nikah Kaesang-Erina

Sejumlah tamu istimewa menghadiri akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Seorang anak berusia 8 tahun meninggal dunia tertimbun longsor di Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangsi, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE