Logo BeritaSatu

BUMN Startup Day, Jokowi: Tangkap Peluang dengan Teknologi

Senin, 26 September 2022 | 09:53 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan BUMN Startup Day 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Senin (26/9/2022).

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan betapa besarnya potensi ekonomi digital Indonesia. Jokowi juga mendorong para startup menangkap peluang dari krisis pangan maupun krisis kesehatan.

Sebagaimana diketahui, perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan krisis pangan dan krisis energi. Belum lagi dunia masih harus berhadapan dengan pandemi Covid-19 yang belum pulih hingga saat ini.

“Saya melihat justru ini ada peluang atau opportunity yang bisa dilakukan. Karena ekonomi digital kita tumbuh pesat dan tertinggi di Asia Tenggara. (Ekonomi digital kita, red) melompat 8 kali lipat dari Rp 632 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 4.531 triliun di tahun 2030,” ungkap Jokowi.

Pengguna internet di Indonesia mencapai hingga 77% dengan rata-rata lama penggunaan 8 jam 36 setiap harinya. Startup Indonesia juga tertinggi ke-6 di dunia, setelah Australia. Meski demikian, sebagian besar atau 23% startup tersebut masih bergerak di bidang fintech, serta diikuti oleh ritel dengan 14%.

“Padahal kalau kita lihat urusan pangan adalah suatu masalah besar yang harus dipecahkan oleh teknologi. Itu adalah kesempatan. Agriculture hanya 4%. Dalam urusan pangan, ada yang namanya urusan produksi, distribusi, pasar. Ada peluang semuanya,” kata Jokowi.

Presiden menekankan pangan tidak hanya terbatas pada beras. Melainkan, ada juga sorgum, cassava dan komoditas lainnya.

Menurut Jokowi, krisis kesehatan juga menghadirkan peluang lainnya yang bisa ditangkap lewat pemanfaatan teknologi. Apalagi mengingat betapa luasnya Indonesia.

"Telemedicine bisa disambungkan. Operasi jarak jauh bisa disambungkan dengan platform atau aplikasi," ungkap Jokowi.

Peluang lainnya ada pada transformasi digital usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Indonesia memiliki 65,4 juta UMKM. Akan tetapi, baru 19 juta UMKM yang sudah masuk ke platform digital. Sehingga masih ada peluang yang sangat besar. Jokowi juga mengingatkan 80-90% startup gagal saat merintis.

"Karena sekali lagi, tidak melihat kebutuhan pasar yang ada. Berangkatnya masih dari kebutuhan pasar yang ada. Yang kedua, karena kehabisan dana. Ini nanti fungsinya venture capital, fungsinya BUMN agar ekosistem besar yang ingin kita bangun ini dapat saling sambung sehingga semuanya terdampingi dengan baik. Bisa tidak gagal untuk masuk ke pasar-pasar dan peluang-peluang yang ada," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, BUMN Startup Day menghadirkan 250 startup. Sebanyak 22 BUMN juga turut hadir untuk melihat potensi business matching dengan para startup ini. Serta lima venture capital yang siap mendampingi.

"BUMN Startup Day mendorong para BUMN agar mulai dekat dengan para startup. Kita minta kepada para BUMN tidak langsung berinvestasi, tetapi harus ada pendampingan dari para venture capital dari BUMN. Kita tidak mau para tentu direksi BUMN yang tidak punya pengalaman di industri digital ini langsung berinvestasi tanpa ada pendampingan," ungkap Menteri BUMN Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ribuan Pelari Ramaikan Highlands Half Marathon di Sentul City

Ribuan Pelari Ramaikan Highlands Half Marathon di Sentul City

SPORT | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE