Logo BeritaSatu

Raker Komisi I DPR dengan Menhan, Panglima TNI, dan Kasad Digelar Tertutup

Senin, 26 September 2022 | 11:55 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat kerja Komisi I DPR dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Mabes TNI di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022) digelar secara tertutup. Raker dengan agenda pembahasan penyesuaian APBN tahun 2023 dan isu-isu aktual tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto; Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa; Kasad Jenderal Dudung Abdurrachman; dan Kasal Laksamana Yudo Margono.

Sementara Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo diwakilkan oleh Wakasau Marsekal Madya TNI A Gustaf Brugman. Sebelum rapat kerja diputuskan secara tertutup, Ketua Komisi I Meutya Hafid yang memimpin sidang meminta kesepakatan kepada anggota Komisi I DPR dan Menhan Prabowo.

“Baik, rapat kami buka dengan sifat tertutup,” ujar Meutya. Setelah itu yang bukan peserta rapat diminta untuk meninggalkan ruang rapat tersebut.

Dalam Raker sebelumnya, 5 September 2022 lalu, Prabowo dan Jenderal Dudung tidak hadir dan memunculkan polemik di Komisi I. Terutama, Komisi I DPR mempersoalkan Jenderal Dudung yang sering absen di rapat dan tidak menemani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Saat itu, Jenderal Andika hanya ditemani Kasal Laksamana Yudo Margono serta Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo. Dudung absen dengan alasan kunjungan ke Kodam II Sriwijaya untuk memeriksa kesiapan operasi Satgas Yonif.

Raker pun dibanjiri interupsi dari sejumlah anggota Komisi I DPR. Mereka mempertanyakan Dudung yang sering tidak hadir dengan alasan agenda yang dinilai bukan prioritas. Bahkan, isu disharmonis relasi antara Dudung dengan Panglima TNI disinggung oleh anggota dewan seperti Helmi Faishal dari Fraksi PKB dan Effendi Simbolon dari Fraksi PDIP.

Sindiran keras muncul dari Effendi Simbolon yang mengangkat sejumlah isu mulai dari ketidakharmonisan Andika dan Dudung hingga isu ketidakpatuhan TNI kepada pimpinannya. Effendi pun menyebutkan TNI seperti gerombolan yang melebihi ormas.

Pernyataan keras Effendi diprotes banyak prajurit TNI dan menuntut Effendi meminta maaf. Selain itu, muncul juga video Jenderal Dudung yang meminta prajurit TNI melayangkan protes ke Effendi atas pernyataannya yang menyebutkan TNI seperti gerombolan.

Effendi akhirnya menyampaikan permintaan maafnya kepada TNI terutama Panglima Andika dan Kasad Dudung.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE