Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

KPK Koordinasi ke IDI untuk Cek Kesehatan Lukas Enembe

Senin, 26 September 2022 | 19:10 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / JEM
Tim Dokter Gubernur Papua melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe di kediamannya, Rabu, 14 September 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) demi mengungkap kebenaran dari kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe. Hal itu mengingat, kesehatan Lukas diklaim tengah menurun.

“Kami sudah memerintahkan agar berkoordinasi dengan IDI, untuk memeriksa LE (Lukas Enembe). Mungkin di Jayapura apakah benar yang bersangkutan sakit,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Alex, sapaan akrabnya, menerangkan koordinasi dengan IDI juga dalam rangka untuk menentukan seberapa parah kondisi kesehatan Lukas. Nantinya dapat ditentukan apakah Lukas memang perlu diobati ke luar negeri atau tidak.

Dia menegaskan, penyidik KPK tentu menghargai hak seseorang. Jika seorang tersangka jatuh sakit, tentu penyidik KPK tidak memaksakan diri untuk melakukan pemeriksaan dalam rangka penyidikan suatu kasus.

“Karena apa? Pertanyaan pertama yang disampaikan penyidik itu ketika melakukan penyidikan mem-BAP (berita acara pemeriksaan), ‘apakah saudara sehat?’ Ya kalo dia bilang ‘saya sedang sakit’ tentu enggak akan kita lanjutkan. Kita obati dulu supaya sehat baru dilakukan riska,” tutur Alex.

Sebelumnya diketahui, Lukas tidak menghadiri pemeriksaan di KPK hari ini. Dia tidak hadir dengan dalih sakit.

“Kalau sakit, bagaimana mau datang," kata kuasa hukum Lukas, Stefanus Roy Rening saat jumpa pers di Jakarta.

Stefanus menuturkan, penting agar Lukas disembuhkan terlebih dahulu dari penyakitnya. Setelah itu, baru proses penyidikan bisa kembali dilanjutkan oleh KPK.

Dijelaskan, Lukas tengah menderita penyakit ginjal, jantung, hingga diabetes. Untuk itu, dia menekankan supaya Lukas bisa disembuhkan dulu.

"Kita cari solusi dokter KPK dan dokter pribadi periksa Bapak (Lukas) baik-baik," ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI