Logo BeritaSatu

PKB Ungkap Alasan Cak Imin Doakan Puan Maharani Jadi Presiden

Senin, 26 September 2022 | 19:45 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid (Gus Jazil) mengungkap alasan dari Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) atau biasa disapa Cak Imin mendoakan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menjadi presiden pada Pilpres 2024. Doa Cak Imin, kata Gus Jazil, merupakan bagian dari motivasi bagi Puan yang merupakan sosok yang layak menjadi capres.

Pasalnya, Puan telah memenuhi persyaratan sebagai capres, baik dari sisi partai politik maupun jam terbangnya di politik. “Doa-doa terbaik disampaikan Gus Muhaimin. Mbak Puan didoakan sebagai presiden, saya pikir Gus Muhaimin mencontohkan etika berpolitik yang baik bahwa politik itu harus saling mendukung, bukan saling menjatuhkan,” ujar Gus Jazil kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, Cak Imin juga ingin memberikan motivasi kepada Puan Maharani yang juga memiliki kompetensi untuk menjadi presiden. “Doa Pak Muhaimin bukan doa yang di awang-awang. Jadi, Mbak Puan memenuhi syarat untuk menjadi capres. Partainya cukup dan Mbak Puan juga punya pengalaman panjang di politik,” katanya.

Menurut Gus Jazil, tidak hanya kepada Puan Maharani, doa terbaik juga disampaikan Cak Imin kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar menjadi presiden.

“Kemarin saat bertemu dengan para santri di Ponpes Tegalrejo, Magelang, Gus Muhaimin juga mendoakan Pak Prabowo sebagai presiden. Inilah etika politik apalagi PDIP dan Gerindra kursinya lebih besar dari PKB,” tuturnya.

Mengenai pernyataan Cak Imin bahwa dirinya siap menjadi calon wakil presiden, hal itu dimaksudkan untuk memberikan pendidikan politik ke publik bahwa di dalam politik itu ada yang disebut dengan kompromi politik.

“Politik itu ada kompromi-kompromi, ada basis-basis rasional yang juga dipertimbangkan, meskipun sampai hari ini PKB tetap memberikan mandat kepada Gus Muhaimin untuk menjadi capres sesuai keputusan Muktamar Bali,” katanya.

Baca Juga: CSIS: Jika Head to Head di Pilpres 2024, Anies Kalahkan Ganjar dan Prabowocccc

Oleh karena itu, Gus Jazil mengatakan, PKB terus secara aktif menyosialisasikan dan mengupayakan agar Cak Imin bisa menjadi capres. Terkait peluang untuk berkoalisi dengan PDIP setelah Cak Imin dan Puan Maharani ziarah bersama ke makam Taufiq Kiemas dilanjutkan dengan makan pecel pincuk bersama, Gus Jazil mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan tahap awal.

“Pertemuan Gus Muhaimin dengan Mbak Puan menurut saya inilah justru kedewasaan berpolitik dari Gus Muhaimin dan PKB. Kita tidak pernah menutup komunikasi dengan partai apa pun, apalagi dengan PDIP yang selama ini kawan lama dan punya hubungan historis panjang,” tuturnya.

Menurut Gus Jazil, saat ini kerja sama politik yang sudah resmi dilakukan PKB, yakni bersama Partai Gerindra. Kedua partai juga sepakat untuk memperluas koalisi dengan partai politik lain. “Sebelumnya Pak Prabowo juga naik kuda bareng Mbak Puan, kemudian kemarin Gus Muhaimin makan pecel bareng Mbak Puan. Jadi, komunikasi PKB dengan PDIP atas sepengetahuan Partai Gerindra dan memang itu kesepakatan kita untuk menambah rekan koalisi,” tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Gempa Cianjur: Jumlah Rumah Rusak 35.601 Unit

Hingga hari ini Sabtu (3/12/2022) total jumlah rumah yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mencapai 35.601 unit.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD Jabar: Tiga Kecamatan Terdampak Gempa Garut

BPBD Jabar menyatakan, tiga kecamatan di Kabupaten Garut terdampak gempa Garut berkekuatan magnitudo (M) 6,1, Sabtu (3/12/2022) petang.

NEWS | 3 Desember 2022

BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

BMKG melaporkan, hasil pemantauan adanya satu kali gempa susulan dengan magnitudo M3,3 setelah gempa Garut yang utama.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Usul Perpanjangan Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur

Pemkab mengusulkan perpanjangan masa operasi pencarian korban Gempa Cianjur selama tiga hari ke depan.

NEWS | 3 Desember 2022

Lebih Murah Rp 700, Telur Rusak Diminati Warga Bogor

Harga telur yang terus merangkak naik membuat warga Bogor, khususnya ibu rumah tangga, lebih meminati telur rusak daripada yang berkualitas baik.

NEWS | 3 Desember 2022

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Belanda Ungguli Amerika 2-0

Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Belanda Ungguli Amerika 2-0

SEMESTA BOLA 2022 | 39 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE