Logo BeritaSatu

Alasan Effendi Simbolon Tak Hadiri Raker dengan Panglima TNI dan Kasad

Senin, 26 September 2022 | 20:23 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon tidak menghadiri rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Mabes TNI di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022). Padahal, raker tersebut dihadiri Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman.

Selain itu, hadir juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kasal Laksamana Yudo Margono. Sementara Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo diwakilkan oleh Wakasau Marsekal Madya TNI A Gustaf Brugman.

Rekan Effendi Simbolon di Komisi I DPR, TB Hasanuddin mengungkapan alasan koleganya itu tidak hadir atau absen dalam rapat tersebut. Effendi Simbolon, kata dia, sedang ditugaskan oleh Fraksi PDIP.

"Menurut Ketua Fraksi Pak Utut (Adianto) ditugaskan oleh fraksi," ujar TB Hasanuddin kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

TB Hasanuddin tidak menjelaskan secara detail tugas yang diberikan Fraksi PDIP kepada Effendi Simbolon sehingga absen dalam kerja yang dihadiri oleh Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal Dudung Abdurachman. Dia pun memastikan relasi antara Jenderal Andika dan Jenderal Dudung baik-baik saja dan TNI solid.

"Memang tidak ada masalah, TNI dalam pandangan saya solid," tandas dia.

Menurut dia, merupakan hal yang wajar jika masih ada perbedaan antara diskusi dan aplikasi di lapangan.

"Bahwa ada perbedaan-perbedaan dalam diskusi dan dalam aplikasi di lapangan, itu hal biasa di kehidupan militer. Saya 35 tahun menjadi prajurit TNI, jadi itu dinamika, enggak usah dibesar-besarkan, enggak usah dipanjang-panjangkan," imbuh TB Hasanuddin.

Diketahui, pada raker sebelumnya, 5 September 2022 lalu, Effendi Simbolon menyoroti soal hubungan antara Jenderal Andika dan Jenderal Dudung yang disebutnya tidak harmonis. Bahkan, Effendi menyinggung soal ketidakpatuhan TNI kepada pimpinannya dan menyebutkan TNI seperti gerombolan yang melebihi ormas.

Pernyataan keras Effendi diprotes banyak prajurit TNI yang menuntutnya untuk meminta maaf. Selain itu, muncul juga video Jenderal Dudung yang meminta prajurit TNI melayangkan protes ke Effendi Simbolon atas pernyataannya yang menyebutkan TNI seperti gerombolan.

Effendi akhirnya menyampaikan permintaan maafnya kepada TNI terutama Panglima Andika dan Kasad Dudung. Permohonan maaf diterima oleh Jenderal Andika dan Jenderal Dudung.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Dua menteri Kabiner Jokowi, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah Kaesang Pangarep dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah resepsi pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang digelar di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022

Top News, Perempat Final Piala Dunia 2022 dan Pernikahan Kaesang

Berita perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina vs Belanda dan Brasil vs Kroasia, serta pernikahan Kaesang menjadi berita terpopuler.

NEWS | 10 Desember 2022

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE