Logo BeritaSatu

Kelompok Buruh di Samarinda Dukung Firli Bahuri Maju Pilpres 2024

Senin, 26 September 2022 | 21:02 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kelompok buruh di Kota Samarinda, Kalimantan Timur mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri untuk maju di Pilpres 2024. Mereka meyakini Firli Bahuri sebagai figur potensial yang mendekati kriteria yang diingingkan para buruh untuk memimpin Indonesia.

“Kriteria pertama harus paham perjuangan kami. Dan itu mustahil dimiliki oleh mereka yang lahir di kasur yang empuk, yang hidupnya serba terjamin," kata salah seorang deklarator, Yoga Pratama dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, perjalanan hidup Firli Bahuri kontras dengan nama-nama lain yang diisukan bakal maju sebagai capres atau cawapres di Pilpres 2024. Firli, katanya, lahir sebagai anak petani miskin di desa terpencil serta telah menjadi yatim pada usia 5 tahun.

Sejak kecil, Firli Bahuri itu terbiasa bekerja keras bahkan cukup lama menjalani kerja serabutan sebagai buruh tidak tetap. Disebutkan, Firli pernah bekerja sebagai tukang sadap karet, juga pembantu di salah satu rumah tangga dengan tugas mencuci mobil dan pakaian, termasuk membersihkan WC dan halaman rumah.

“Jadi Pak Firli ini bukan saja mengerti tapi juga merasakan bagaimana perjuangan jadi buruh,” terangnya.

Yoga melanjutkan, kriteria lain yang juga mesti dipenuhi ialah pemihakan terhadap kepentingan buruh. Dalam konteks ini, ia menyebut keberanian Firli Bahuri menindak dan memiskinkan koruptor masuk ke dalam kriteria tersebut.

Dalam catatan Yoga, KPK di bawah kepemimpinan Firli kerap menjerat koruptor dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) termasuk dengan menjerat korporasi.

“Karena buruh paling dirugikan oleh koruptor, kongkalikong antara pejabat dengan pemodal melahirkan kebijakan yang tidak pro kepentingan pekerja,” ungkapnya.

Dia menilai, sejauh ini Firli konsisten memperjuangkan nasib masyarakat bawah melalui tugas pemberantasan korupsi. Sejumlah menteri, kepala daerah hingga oknum korporasi yang terlibat tindak pidana korupsi ditangkap dengan tuntutan yang setimpal.

Bahkan yang terbaru, kepemimpinan Firli di KPK mencatatkan sejarah dengan menjerat dan menahan hakim agung dalam rangkaian OTT dugaan korupsi pengurusan perkara di MA.

“Di catatan kami, Pak Firli juga tidak terbelenggu kepentingan politik dan pemodal,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin membuka peluang untuk secepatnya menyelesaikan perang berkepanjangan di Ukraina.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Daftar Tamu Istimewa yang Hadir di Akad Nikah Kaesang-Erina

Sejumlah tamu istimewa menghadiri akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Seorang anak berusia 8 tahun meninggal dunia tertimbun longsor di Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangsi, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

NEWS | 10 Desember 2022

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman melakukan safari bertemu langsung dengan warga Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

NEWS | 10 Desember 2022

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Kebal Resesi, Ini Buktinya

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Kebal Resesi, Ini Buktinya

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE