Logo BeritaSatu

Pasukan Cadangan Rusia Dibekali Senjata Tua dan Berkarat

Selasa, 27 September 2022 | 07:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Pasukan cadangan Rusia yang dimobilisasi hanya dibekali senjata tua dan berkarat untuk terjun ke medan perang di Ukraina. Seperti dilaporkan Newsweek, Sabtu (24/9/2022), pejabat Ukraina mengatakan pasukan cadangan bersiap untuk meningkatkan invasi Rusia di Ukraina.

Anton Gerashchenko, penasihat menteri dalam negeri Ukraina, memposting video di Twitter yang dilaporkan menunjukkan tentara Rusia memegang senjata api yang tampaknya berkarat karena umur.

Gerashchenko, yang sering memposting klip yang dilaporkan menunjukkan perjuangan militer Rusia, membagikan rekaman itu dengan judul: "Yang dimobilisasi di Rusia hanya diberi senjata berkarat selain kantong plastik.

"Mereka diberitahu bahwa ini untuk 'melatih tangan,'" tambahnya, dalam referensi yang jelas untuk klaim bahwa senjata tidak akan digunakan selama konflik yang sebenarnya, namun untuk membantu tentara terbiasa dengan berat dan rasa dari senjata yang akan mereka gunakan.

"Tapi saya kira inilah yang akan diberikan kepada mereka untuk diserang. Tentara cadangan dunia?" sindir Gerashchenko.

Newsweek tidak dapat secara independen memverifikasi keaslian atau asal video tersebut. Newsweek juga telah menghubungi Kementerian Luar Negeri Rusia untuk memberikan komentar.

Klip itu muncul setelah Gerashchenko membagikan video daring lain yang menunjukkan tank era Soviet dibawa keluar dari gudang untuk dikerahkan sekali lagi dalam invasi yang sedang berlangsung ke Ukraina di tengah laporan sejumlah kemunduran dalam beberapa pekan terakhir untuk Kremlin.

“Tank Soviet tua diambil dari gudang penyimpanan Rusia – tanpa perlindungan terhadap senjata modern,” kata Gerashchenko saat membagikan video TikTok tentang tank tersebut.

"Dan wajib militer Rusia baru (juga tanpa perlindungan terhadap senjata modern dan tentara modern - kita telah melihat apa yang mereka lawan). Kombinasi sempurna, ditakdirkan untuk sukses, menurut saya," tambahnya.

Video itu muncul setelah Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan pada bulan Mei bahwa Rusia mungkin telah memindahkan tank T-62 yang berumur 50 tahun dari "penyimpanan dalam" untuk dikerahkan untuk digunakan oleh wilayah tanggung jawab Pasukan Pengelompokan Selatan (SGF).

“T-62 hampir pasti akan sangat rentan terhadap senjata anti-tank dan kehadiran mereka di medan perang menyoroti kekurangan Rusia modern, peralatan siap tempur,” tambah Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan 27 Mei tentang konflik Ukraina.

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan rencana untuk memobilisasi sebanyak 300.000 tentara cadangan. Mereka akan diterjunkan ke angkatan bersenjata guna membantu invasi Rusia di Ukraina.

Langkah itu memicu protes besar di beberapa kota Rusia, dan upaya massal untuk melarikan diri dari Rusia ke negara-negara tetangga. Kelompok hak asasi manusia Rusia OVD-Info, sejauh ini lebih dari 1.300 orang telah ditangkap, terutama di ibu kota Moskwa dan St Petersburg.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022

Asosiasi Dai Bantah Bencana Terjadi Karena Tak Terapkan Sistem Khilafah

Asosiasi Dai membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat tidak diterapkan sistem khilafah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022

Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina, Polisi Siagakan 2.188 Personel

Polda Jateng menyiagakan sebanyak 2.188 personel untuk pengamanan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

NEWS | 3 Desember 2022

MK Larang Eks Koruptor Nyaleg, KPU Konsultasi dengan DPR

KPU tengah mengkaji putusan MK yang melarang eks koruptor setelah 5 tahun keluar dari penjara maju mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg).

NEWS | 3 Desember 2022

Instruksi Penting PDIP bagi Kader Terkait Kemenangan Pemilu 2024

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan instruksi penting kepada para kadernya, khususnya tiga pilar partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Jelang Nataru, IDI Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Covid-19

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Ketua Umum PB IDI Dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap ancaman Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

PKB Dorong Karyawan Startup Bentuk Serikat Pekerja Imbas Marak PHK

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendesak karyawan-karyawan startup segera membentuk serikat pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Kasad Bakal Perintahkan Jajaran Tonton Film Tegar, Ada Apa?

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman menyatakan akan memerintahkan jajaran TNI AD untuk menonton film Tegar.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE