Logo BeritaSatu

Di Tengah Situasi Bencana, Menteri Keuangan Pakistan Mengundurkan Diri

Selasa, 27 September 2022 | 08:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Islamabad, Beritasatu.com- Menteri Keuangan Pakistan Miftah Ismail mengatakan akan secara resmi mengundurkan diri di tengah situasi bencana banjir dan kesulitan ekonomi.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Minggu (2/9/2022), Miftah Ismail adalah menteri keuangan kelima yang mundur dalam waktu kurang dari empat tahun.

“Saya secara lisan mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan,” kata Ismail dalam satu cuitan pada Minggu, seraya menambahkan bahwa dia telah mengisyaratkan rencananya kepada Perdana Menteri Shehbaz Sharif saat pertemuan.

"Saya akan mengajukan pengunduran diri resmi setelah mencapai Pakistan," tambahnya.

Ismail dan Sharif saat ini berada di London dan akan kembali ke Pakistan awal pekan depan.

Ekonomi Pakistan telah menyaksikan turbulensi yang terus-menerus sementara defisit transaksi berjalannya telah melebar tajam dan meningkatnya inflasi telah memberikan tekanan pada keluarga dan bisnis.

Banjir dahsyat bulan ini menambah krisis karena menyebabkan kerusakan yang diperkirakan mencapai US$30 miliar dan menewaskan lebih dari 1.500 orang.

Pada Sabtu (24/9), Bank Dunia menyatakan akan memberikan sekitar US$ 2 miliar (Rp 30 triliun) bantuan ke Pakistan.

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Selatan, Martin Raiser, mengumumkan janji tersebut setelah mengakhiri kunjungan resmi pertamanya ke negara itu pada hari Sabtu.

“Kami sangat sedih dengan hilangnya nyawa dan mata pencaharian akibat banjir yang menghancurkan dan kami bekerja sama dengan pemerintah federal dan provinsi untuk memberikan bantuan segera kepada mereka yang paling terkena dampak,” katanya.

Pekan lalu, dalam pertemuan dengan Sharif di sela-sela Sidang Umum PBB, Bank Dunia sepakat untuk memberikan bantuan banjir senilai US$850 juta (Rp 12,8 triliun) untuk Pakistan. Angka US$2 miliar (Rp 30 triliun) termasuk jumlah itu.

Selama dua bulan terakhir, Pakistan telah mengirim hampir 10.000 dokter, perawat, dan staf medis lainnya untuk merawat para korban selamat di provinsi Sindh – yang paling parah terkena dampak banjir.

Ismail, yang disuarakan oleh perdana menteri, meyakinkan investor pada hari Jumat bahwa negara Asia Selatan itu mencari keringanan utang dari kreditur bilateral dan menekankan pemerintah tidak akan mencari bantuan dari bank komersial atau kreditur Eurobond.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, PVMBG: Gunung Semeru Masih Berstatus Awas

PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan aktivitas Gunung Semeru masih ada pada level tertinggi yakni level IV atau Awas.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung, Polda Jatim Perketat Penjagaan

Polda Jatim memperketat penjagaan pasca-ledakan bom bunuh diri meledak di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Olah TKP, Benny Ali Lihat Senpi di Pinggang Bharada E

Benny Ali mengungkapkan dirinya sempat melihat adanya senjata api (senpi) masih berada di pinggang Bharada E saat olah TKP kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, IPW: Waspadai Aksi Lone Wolf Jelang Pernikahan Kaesang

Polri diimbau mewaspadai aksi lone wolf usai bom bunuh diri Bandung menjelang tanggal 10 Desember 2022 yaitu hari pernikahan Kaesang Pangarep.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

Guru di sejumlah daerah dinilai masih fokus dalam merampungkan target kurikulum dibanding memperhatikan kemampuan siswa.

NEWS | 7 Desember 2022

Pertokoan Sekitar Astana Anyar Bandung Tutup Pasca-Bom Bunuh Diri

Pertokoan di sekitar Jalan Astana Anyar dan Kantor Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat, memutuskan untuk menutup toko mereka pasca-bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali menyebut Ferdy Sambo telah menyadari ulahnya membuat banyak personel kepolisian menderita.

NEWS | 7 Desember 2022

Wajah Richard, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Tampak Stres Saat Dicecar Benny Ali

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf tampak stres saat dicecar oleh Benny Ali.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Selidiki Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Densus 88 menyelidiki pelaku peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, apakah berasal dari jaringan teroris.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemenkumham Tepis Kekhawatiran Dubes AS soal Dampak Negatif KUHP Baru

Plt Dirjen PP Kemenkumham, Dhahana Putra menepis kekhawatiran Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Kim soal dampak negatif dalam KUHP baru.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Sumatera Utara Perketat Pengamanan Usai Teror Bom Bandung

Polda Sumatera Utara Perketat Pengamanan Usai Teror Bom Bandung

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE