Logo BeritaSatu

Wabah Kolera Menyebar, 29 Warga Suriah Meninggal

Selasa, 27 September 2022 | 08:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Damaskus, Beritasatu.com- Sedikitnya 29 orang meninggal akibat wabah kolera di beberapa wilayah Suriah. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (26/9/2022), Kementerian Kesehatan Suriah menyatakan pengujian penilaian cepat mengonfirmasi 338 kasus sejak wabah pertama kali tercatat bulan lalu.

“Pengujian penilaian cepat mengonfirmasi 338 kasus sejak wabah pertama kali tercatat bulan lalu, dengan sebagian besar kematian dan kasus di provinsi Aleppo utara. Sejumlah 230 kasus dilaporkan di provinsi Aleppo, dengan 25 orang dipastikan meninggal,” kata Kementerian Kesehatan Suriah pada Senin.

Bulan ini, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan wabah itu diyakini terkait dengan irigasi tanaman menggunakan air yang terkontaminasi dan orang-orang yang meminum air yang tidak aman dari Sungai Efrat, yang membelah Suriah dari utara ke timur.

PBB telah mengajukan permohonan mendesak untuk dana untuk mengendalikan wabah serta persetujuan untuk "memastikan pengiriman tepat waktu" obat-obatan dan persediaan yang menyelamatkan jiwa.

Penyakit yang sangat menular itu juga telah menyebar ke wilayah timur laut dan oposisi yang dikuasai Kurdi di negara itu di utara dan barat laut Suriah. Di sana, jutaan orang telah mengungsi akibat perang yang telah berlangsung selama satu dekade di negara itu, kata para pejabat medis.

Dugaan kasus kolera telah meningkat menjadi 2.092 di timur laut Suriah sejak wabah itu diumumkan bulan ini, kata Komite Penyelamatan Internasional (IRC) yang berbasis di Amerika Serikat, yang beroperasi di wilayah tersebut.

Dikatakan, ada kekhawatiran bahwa kasus-kasus tidak dilaporkan secara signifikan.

PBB telah memperingatkan wabah itu menggarisbawahi “kekurangan air yang parah” di seluruh Suriah. Di sana, sebagian besar penduduk bergantung pada sumber air yang tidak aman setelah penghancuran infrastruktur air nasional dalam perang.

Ratusan ribu orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal sejak protes terhadap Presiden Bashar al-Assad pada 2011 meningkat menjadi perang saudara yang menarik kekuatan asing dan membuat Suriah diukir menjadi zona yang dikendalikan oleh pihak-pihak yang bersaing.

Situasi ini diperparah oleh kondisi seperti kekeringan yang menyebabkan ketinggian air di sepanjang Efrat turun. Petani juga menyalahkan kebijakan air Turki atas penurunan aliran.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

Presiden Jokowi memerintahkan para relawannya untuk segera menyalurkan bantuan yang dikumpulkan ke korban gempa Cianjur. 

NEWS | 26 November 2022

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter terus dikerahkan untuk mengirim bantuan logistik ke daerah terdampak bencana di Cianjur yang masih terisolasi.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Ingatkan Suara Anak Muda Tentukan Masa Depan Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anak muda, terutama pemilih pemula untuk tidak apatis di Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Menurut Ganjar Pranowo, suara anak muda di pemilu sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

NEWS | 26 November 2022

Ratusan Warga di Kota Kupang Rebutan Minyak Tanah

Kelangkaan minyak tanah sebabkan ratusan warga rebutan antrean di halaman Polsek Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Jokowi soal Pemimpin Berambut Putih, Pengamat Politik: Ganjar Pranowo

Jokowi mengatakan, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih. Pengamat politik menilai, ciri-ciri itu adalah Ganjar Pranowo.

NEWS | 26 November 2022

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Terbitkan DPO Bos CV Samudra Chemical

Polri terus mencari keberadaan bos CV Samudra Chemical yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gangguan ginjal akut. Sang bos masuk DPO.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo Bicara Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Pranowo menilai untuk menjadi pemimpin di Indonesia, karakter paling penting adalah bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Dengan menyembut pemimpin berambut putih di acara Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

NEWS | 26 November 2022

Mendag: Sail Tidore 2022 Dorong Perekonomian di Maluku Utara

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE