Logo BeritaSatu

Wapres AS Kamala Harris Hadiri Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

Selasa, 27 September 2022 | 09:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- Wakil Presiden Kamala Harris menghadiri upacara pemakaman mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo, pada Selasa (27/9/2022). Seperti dilaporkan CBSNews, Harris mendarat di Jepang pada Senin untuk kunjungan ke Asia untuk bertemu dengan pejabat di Tokyo dan kemudian Korea Selatan akhir pekan ini.

Harris memimpin delegasi AS ke pemakaman kenegaraan pada Selasa untuk Abe, yang, setelah menjabat sebagai perdana menteri selama sembilan tahun antara 2006 dan 2020, ditembak dan dibunuh saat menyampaikan pidato kampanye pada bulan Juli.

“Selain memberi penghormatan atas nama Presiden Biden dan penduduk AS yang lebih luas, kunjungan Harris bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat kepada sekutu kami dalam lingkungan keamanan yang semakin kompleks dan memperdalam keterlibatan kami secara keseluruhan di kawasan Indo-Pasifik," kata seorang pejabat senior administrasi pada jumpa pers hari Jumat.

Tidak lama setelah mendarat, Harris bertemu dengan Perdana Menteri Jepang saat ini Fumio Kishida. Sebelum pergi di balik pintu tertutup, mereka secara singkat berbicara kepada wartawan. Harris mengaku sedih berada di negara itu dalam keadaan sulit seperti itu, merujuk pada kematian Abe. Namun dia senang berada di sana untuk menghormati kehidupan dan warisan pemimpin yang terbunuh.

Harris menyebut aliansi antara Jepang dan Amerika Serikat sebagai "batu penjuru" untuk perdamaian dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik, dan dia bersumpah bahwa AS akan terus mendukung Jepang.

Wakil presiden diperkirakan akan menghadapi kontroversi selama perjalanan, karena pemakaman Abe yang didukung pemerintah Jepang menarik reaksi publik dan protes.

Pekan lalu, seorang pria tua dilaporkan membakar dirinya di dekat kantor perdana menteri Tokyo, dalam satu isyarat yang jelas-jelas menentang rencana peringatan itu, menurut pejabat dan media. Lebih banyak demonstrasi diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Sekutu Amerika mencari kejelasan setelah pesan yang beragam mengenai apakah Biden akan mengirim pasukan untuk mempertahankan Taiwan dari invasi Tiongkok, satu potensi konflik yang dapat dengan cepat menelan seluruh wilayah tersebut. Ada potensi lebih banyak provokasi dari Korea Utara, yang melakukan uji coba rudal sesaat sebelum keberangkatan Harris pada hari Minggu dari Washington.

Sementara itu, Korea Selatan dan Jepang sedang beringsut menuju rekonsiliasi yang akan menyembuhkan beberapa luka yang tersisa dari Perang Dunia II, dengan AS dengan hati-hati mencoba untuk menyenggol proses tersebut. Dan ada kebencian atas undang-undang baru AS yang membuat kendaraan listrik yang dibangun di luar Amerika Utara tidak memenuhi syarat untuk subsidi.

Tetapi di Jepang, bahkan pemakaman kenegaraan Abe pada hari Selasa sendiri merupakan topik yang sensitif, karena peringatan semacam itu jarang terjadi dan warisan mendiang pemimpin tetap diperdebatkan. Abe, seorang nasionalis konservatif di negara yang menganut paham pasifisme setelah Perang Dunia II, dibunuh dengan senjata api rakitan hampir tiga bulan lalu.

Kontroversi tersebut secara politik telah melemahkan perdana menteri Jepang saat ini, Kishida, pada saat pemerintahannya berencana untuk melanjutkan tujuan Abe untuk memperkuat militer negara itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE