Logo BeritaSatu

Warga Afghanistan Sukarela Serahkan Ratusan Pucuk Senjata Api

Selasa, 27 September 2022 | 10:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Pasukan keamanan Afghanistan telah mengumpulkan ratusan senjata ketika penduduk setempat dengan sukarela menyerahkan senjata dan amunisi. Seperti dilaporkan Xinhua, Minggu (25/9/2022), ratusan senjata itu diserahkan kepada pihak berwenang setempat di provinsi Kunar timur Afghanistan.

“Senjata yang diserahkan kepada otoritas setempat hari ini termasuk sembilan senjata antipesawat, 135 buah senapan serbu M16 buatan AS, 65 buah senapan AK-47, 19 buah mortir, beberapa RPG-7 dan sejumlah senjata ringan dan berat, selain itu. ribuan peluru," kata kepala distrik Ghaziabad Qari Zia Ur-Rahman kepada wartawan.

Pada upacara serah terima yang dihadiri oleh pejabat Kementerian Pertahanan, mereka meminta orang-orang untuk menyerahkan senjata mereka kepada pemerintah sementara yang dipimpin Taliban.

"Senjata yang dikumpulkan di distrik Ghaziabad akan diserahkan kepada badan keamanan terkait melalui proses yang transparan," kata Mawlawi Sayedullah, seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan, pada upacara tersebut.

Menyusul penarikan tergesa-gesa pasukan koalisi pimpinan AS pada Agustus tahun lalu, sejumlah besar peralatan militer, termasuk ribuan kendaraan militer, senjata api ringan dan berat, banyak amunisi hilang di Afghanistan.

Pemerintah sementara Afghanistan telah berusaha mengumpulkan senjata dan amunisi dari individu sebagai bagian dari upaya untuk memastikan perdamaian abadi di negara yang dilanda perang itu.

Tentara Taliban memukuli demonstran wanita saat unjuk rasa di Kabul, Afghanistan yang jarang terjadi. Seperti dilaporkan The Guardian, Sabtu (13/8/2022), Taliban juga menembakkan senapan ke udara dan memukul dengan popor senapan untuk menyerang puluhan wanita yang memprotes di luar kementerian pendidikan Afghanistan.

Tentara Taliban memukuli pengunjuk rasa wanita dan menembak senapan ke udara pada Sabtu (13/8) ketika mereka dengan kasar membubarkan demonstrasi yang jarang terjadi di ibu kota Afghanistan. Unjuk rasa terjadi selang beberapa hari sebelum peringatan pertama kembalinya kelompok Islam garis keras itu ke tampuk kekuasaan.

Sejak merebut kendali pada 15 Agustus tahun lalu, Taliban telah mengembalikan keuntungan marginal yang dibuat oleh perempuan selama dua dekade intervensi AS di Afghanistan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD Garut memastikan belum tercatat ada kerusakan bangunan atau rumah warga akibat gempa Garut yang berkekuatan 6,1 magnitudo, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022

Asosiasi Dai Bantah Bencana Terjadi karena Tak Terapkan Sistem Khilafah

Asosiasi Dai membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat tidak diterapkan sistem khilafah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemkab Usul Perpanjangan Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur

Pemkab Usul Perpanjangan Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE