Logo BeritaSatu

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Selasa, 27 September 2022 | 13:44 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati menjadi salah satu pihak yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait suap penanganan perkara. Mengenai OTT Sudrajad, KPK menyoroti soal lemahnya pengawasan di internal peradilan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menerangkan, KPK tidak hanya menindaklanjuti OTT Sudrajad dengan kerja penindakan semata. Langkah preventif maupun edukatif juga tetap digencarkan KPK agar kasus serupa tidak terulang kembali.

Untuk pendekatan preventif, KPK lewat strategi nasional pemberantasan korupsi (Stranas PK) telah mengidentifikasi tantangan pada ranah penegakan hukum. Tantangan tersebut seperti belum maksimalnya koordinasi antara aparat penegak hukum (APH) dalam penanganan perkara, terutama soal pertukaran informasi dan data.

“Hal ini menjadi sangat relevan terkait dengan titik rawan korupsi pada pengurusan perkara ini, karena jika data tersebut dapat diakses antar APH, tentu akan mengurangi potensi risiko korupsi, karena bisa saling mengawasi,” kata Ali dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Selain itu, KPK juga menemukan masih adanya penyelewengan dalam penegakan hukum. Isu ini menjadi pekerjaan rumah (PR) dalam upaya edukatif demi memberikan penyadaran antikorupsi ke pemangku kepentingan terkait.

“Lemahnya independensi, pengawasan dan pengendalian internal. Adanya tangkap tangan ini kemudian juga menjadi alert bagi intistusi pengawas peradilan, untuk memastikan proses-proses peradilan bisa betul-betul memedomani prinsip-prinsip hukum dan konstitusi. Sehingga penegakan hukum itu sendiri bisa jauh dari praktik-praktik permufakatan jahat dan korupsi,” ungkap Ali.

Lalu, KPK juga menemukan belum meratanya kualitas keterbukaan informasi serta keterlibatan masyarakat dalam pengawasan layanan publik. Ali menilai, bila proses penanganan perkara dibuka dan bisa diakses publik, dapat membantu pada aspek pegawasan. Nantinya, APH bakal terawasi, sehingga menekan potensi terjadinya penyelewengan.

“Oleh karenanya KPK mendorong penguatan sistem penanganan perkara tindak pidana yang terintegrasi, yakni melalui SPPT–TI (sistem peradilan pidana terpadu berbasis teknologi informasi),” tutur Ali.

Baca selanjutnya
Ali menerangkan, SPPT-TI menjadi salah satu prioritas Stranas PK dalam rangka ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Basarnas pada hari Rabu (7/12/2022) tidak berhasil menemukan tambahan korban jiwa gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Masih Tertekan, Ini 7 Saham Rekomendasi Yugen Sekuritas

IHSG Masih Tertekan, Ini 7 Saham Rekomendasi Yugen Sekuritas

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE