Logo BeritaSatu

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Selasa, 27 September 2022 | 13:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Seperti dilaporkan Washington Post, Selasa (27/9/2022), banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar. Kyodo News melaporkan Kaisar Jepang akan diwakili oleh saudaranya, Putra Mahkota Akishino dan enam anggota keluarga Kekaisaran lainnya, sesuai dengan tradisi.

Upacara pemakaman dijadwalkan dimulai pada pukul 2 siang. Selasa di arena Budokan di pusat Tokyo dengan pengamanan ketat. Pemakaman Shinzo Abe adalah kenegaraan pertama Jepang untuk mantan perdana menteri sejak 1967 terjadi lebih dari dua bulan setelah perdana menteri terlama di negara itu dibunuh dalam kampanye oleh seorang pria dengan senjata rakitan.

Jalan-jalan di sekitarnya akan ditutup untuk lalu lintas reguler dan para tamu yang dibawa dengan bus ke tempat tersebut di tengah peningkatan keamanan menyusul kritik atas kegagalan untuk mencegah pembunuhan Abe, yang bulan lalu mendorong kepala badan kepolisian untuk mengundurkan diri.

Menurut surat kabar Tokyo Shimbun, puluhan ribu polisi, banyak dari mereka dikirim dari daerah lain di negara itu, diperkirakan akan berpatroli di ibu kota.

Sekitar 4.000 pelayat - termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri India Narendra Modi - diperkirakan akan menghadiri upacara pada Selasa untuk Abe, yang merupakan perdana menteri terlama di Jepang.

Ratusan orang Jepang berbaris di luar tempat pemakaman di ibu kota, Tokyo, menjelang upacara resmi untuk memberikan penghormatan bunga kepada Abe.

Tetapi acara tersebut, yang merugikan pembayar pajak sekitar US$ 11,5 juta (Rp 172 miliar, serta pengungkapan tentang hubungan antara Abe, Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dan Gereja Unifikasi Korea Selatan, telah memicu kemarahan publik yang besar di Jepang.

Satu survei internal LDP sejak itu menemukan bahwa hampir setengah dari 379 legislator nasional partai yang memerintah juga memiliki hubungan dengan gereja dan kelompok-kelompok yang berafiliasi. Ini berkisar dari menghadiri acara-acara gereja hingga menerima sumbangan dan menerima sukarelawan untuk dukungan pemilihan.

Pengungkapan tersebut telah menyebabkan peringkat persetujuan Perdana Menteri Fumio Kishida turun di bawah 30 persen.

Tetapi Kishida telah membela pemakaman kenegaraan seperlunya, mengutip “prestasi” Abe dan sekitar 1.700 pesan belasungkawa dari lebih dari 260 negara dan wilayah. Sekitar 700 pejabat asing, termasuk Perdana Menteri Australia Antony Albanese, menghadiri acara Selasa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat mengungkapkan calon Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) yang akan menggantikannya. 

NEWS | 3 Desember 2022

Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Digelar Selasa

DPR bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE