Logo BeritaSatu

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Selasa, 27 September 2022 | 13:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Seperti dilaporkan Washington Post, Selasa (27/9/2022), banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar. Kyodo News melaporkan Kaisar Jepang akan diwakili oleh saudaranya, Putra Mahkota Akishino dan enam anggota keluarga Kekaisaran lainnya, sesuai dengan tradisi.

Upacara pemakaman dijadwalkan dimulai pada pukul 2 siang. Selasa di arena Budokan di pusat Tokyo dengan pengamanan ketat. Pemakaman Shinzo Abe adalah kenegaraan pertama Jepang untuk mantan perdana menteri sejak 1967 terjadi lebih dari dua bulan setelah perdana menteri terlama di negara itu dibunuh dalam kampanye oleh seorang pria dengan senjata rakitan.

Advertisement

Jalan-jalan di sekitarnya akan ditutup untuk lalu lintas reguler dan para tamu yang dibawa dengan bus ke tempat tersebut di tengah peningkatan keamanan menyusul kritik atas kegagalan untuk mencegah pembunuhan Abe, yang bulan lalu mendorong kepala badan kepolisian untuk mengundurkan diri.

Menurut surat kabar Tokyo Shimbun, puluhan ribu polisi, banyak dari mereka dikirim dari daerah lain di negara itu, diperkirakan akan berpatroli di ibu kota.

Sekitar 4.000 pelayat - termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri India Narendra Modi - diperkirakan akan menghadiri upacara pada Selasa untuk Abe, yang merupakan perdana menteri terlama di Jepang.

Ratusan orang Jepang berbaris di luar tempat pemakaman di ibu kota, Tokyo, menjelang upacara resmi untuk memberikan penghormatan bunga kepada Abe.

Tetapi acara tersebut, yang merugikan pembayar pajak sekitar US$ 11,5 juta (Rp 172 miliar, serta pengungkapan tentang hubungan antara Abe, Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dan Gereja Unifikasi Korea Selatan, telah memicu kemarahan publik yang besar di Jepang.

Satu survei internal LDP sejak itu menemukan bahwa hampir setengah dari 379 legislator nasional partai yang memerintah juga memiliki hubungan dengan gereja dan kelompok-kelompok yang berafiliasi. Ini berkisar dari menghadiri acara-acara gereja hingga menerima sumbangan dan menerima sukarelawan untuk dukungan pemilihan.

Pengungkapan tersebut telah menyebabkan peringkat persetujuan Perdana Menteri Fumio Kishida turun di bawah 30 persen.

Tetapi Kishida telah membela pemakaman kenegaraan seperlunya, mengutip “prestasi” Abe dan sekitar 1.700 pesan belasungkawa dari lebih dari 260 negara dan wilayah. Sekitar 700 pejabat asing, termasuk Perdana Menteri Australia Antony Albanese, menghadiri acara Selasa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dianggap Berlebihan, Tiongkok Kecam AS Soal Penembakan Balon Mata-mata

Tiongkok kecam AS yang menembak jatuh balon mata-mata yang terlihat terbang di atas Amerika Utara.

NEWS | 5 Februari 2023

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Ribuan warga Toraja Utara terisolasi akibat akses jalan penghubung kecamatan di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung tertimbun longsor. 

NEWS | 5 Februari 2023

Elon Musk Siap Luncurkan Roket Starship pada Maret Mendatang

Bos SpaceX Elon Musk pada Sabtu (4/2/2023) mencuit di Twitter, ia akan meluncurkan sistem roket Starship pada bulan Maret mendatang.

NEWS | 5 Februari 2023

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023

Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

Menjelang pelaksanaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival kendaraan menuju kawasan Pecinan Surya Kencana, Kota Bogor padat.

NEWS | 5 Februari 2023

Konser Sheila on 7 di Pontianak Ternyata Palsu, Emak-emak Rugi Ratusan Juta

Puluhan emak-emak menggeruduk Polda Kalbar untuk melaporkan penipuan oleh event organizer (EO) konser Sheila on 7 di Pontianak yang ternyata palsu.  

NEWS | 5 Februari 2023

Gadis 16 Tahun Tewas Diserang Hiu di Pantai Australia

Seorang gadis 16 tahun tewas diserang hiu di pantai Australia di wilayah Perth, pada hari Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Diduga Selisih Paham soal Proyek, Wartawan di Bandar Lampung Dibacok Teman

Seorang wartawan media online di Bandar Lampung Wandi Irawan (32) dibacok oleh temannya sendiri lantaran diduga berselisih paham. 

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Kawal Perbatasan dari Hama dan Penyakit Ikan

KKP mengingatkan pentingnya menjaga SDI di perbatasan dan untuk mencegah masuknya ikan-ikan invasif serta hama dan penyakit ikan karantina.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provos Polsek Jatinegara, Jakarta Timur Bripka Madih sudah mengundurkan diri dari Polri sejak 3 bulan lalu.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE