Logo BeritaSatu

DPR Minta KPK Tak Ragu Jemput Paksa Gubernur Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 | 15:51 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR Habiburokhman meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak perlu ragu-ragu untuk menjemput paksa Gubernur Papua Lukas Enembe setelah dua kali tidak memenuhi panggilan KPK. Diketahui, KPK sudah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi.

"Ya apa pun yang menjadi ketentuan kalau dipanggil sekali dua kali, ya terhadap pihak lain kan dikenakan jemput paksa. Ya, jangan ada juga (KPK ragu)," kata Habiburokhman di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Menurut Habiburokhman, KPK tidak boleh kalah dengan seorang Lukas Enembe. Jika KPK takut dan kalah dengan tersangka kasus korupsi, maka akan menjadi preseden buruk penegakan korupsi di Indonesia.

"Orang pasti akan nanya kasus ini kalau ada perkara dengan KPK kita banyak banyakin aja massa. Nanti enggak berani juga dijemput paksa kurang lebih begitulah. Tetapi saya yakinlah teman-teman KPK tahu solusinya untuk menegakkan hukum ya dengan pas dengan benar," ungkap dia.

Lebih lanjut, Habiburokhman juga meminta kepada kuasa hukum dan pembela Lukas Enembe untu membela yang bersangkutan dalam koridor hukum. Menurut dia, jika merasa tidak puas, maka bisa memanfaatkan forum praperadilan.

"Masing-masing pihak punya bukti kalau toh KPK menetapkan orang menjadi tersangka siapapun tentu ada bukti-buktinya kalau nggak puas dengan sikap KPK pada mekanisme namanya praperadilan, pada mekanisme namanya pembelaan di persidangan, dijalankan saja," pungkas Habiburokhman.

Diketahui, Lukas Enembe sudah dua kali mangkir dari pemanggilan KPK. Kuasa Hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening mengatakan, kliennya saat ini masih dalam kondisi sakit, sehingga tidak bisa datang ke Jakarta. Bahkan Lukas Enembe sempat meminta izin untuk berobat ke Singapura.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pekan depan selama tiga hari.

NEWS | 26 November 2022

DPR Bakal Sahkan RUU KUHP Sebelum Masa Reses

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU KUHP akan digelar sebelum masa reses. 

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

NEWS | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE