Logo BeritaSatu

Menteri LHK: Folu Net Sink 2030 Terobosan Mitigasi Iklim

Selasa, 27 September 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Dr Siti Nurbaya Bakar memastikan pemerintah terus melakukan terobosan mengenai perubahan iklim. Hal ini penting untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

"Jadi, pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan memiliki peran penting untuk menangkal dari ancaman bencana, dan hal ini juga sebagaimana tercantum dalam UUD 1945," ujar Siti Nurbaya, dalam orasi ilmiah Dies Natalis Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, Selasa (27/9/2022).

Siti Nurbaya menjelaskan, pada aspek pengendalian iklim, Indonesia juga telah menegaskan pada dunia melalui ratifikasi Paris Agreement dan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2016.

"Tentunya, komitmen kita tetap kita jalankan untuk mewujudkan tujuan global dengan membatasi kenaikan rata-rata suhu global di bawah 2 derajat celcius dari tingkat pre-industrialisasi," jelasnya.

Adapun dalam upaya tersebut, kata Siti Nurbaya, sejumlah langkah juga telah dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Indonesia telah menyusun straregi implementasi NDC (Nationally Determined Contribution), juga strategi jangka panjang pembangunan rendah karbon yang terangkum dalam Forestry and Other Land Uses (Folu Net Sink 2030), Industrial Process and Peoduction Uses (IPPU) dan Limbah (Waste)," imbuhnya.

Sosok penerima gelar Profesor Kehormatan dalam Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Alam Universitas Brawijaya ini juga mengajak seluruh generasi muda untuk bersama-sama ikut serta dalam agenda perubahan iklim.

Menurut Siti Nurbaya, Folu Net Sink 2030 bisa menjadi acuan dalam proses perubahan iklim Indonesia untuk masyarakat global di seluruh dunia.

"Jadi, adik-adik perlu ketahui, bahwa Folu Net Sink 2030 ini memberikan target pembangunan yang sangat fokus, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah pembangunan di sektor kehutanan. Nah, untuk yang masih kuliah di fakultas kehutanan bisa ikut serta, agar apa? Agar generasi muda memiliki sikap dan peran penting dalam menjaga kelestarian hutan sebagai harta warisan bagi kita semua," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE