Logo BeritaSatu

Menteri LHK: Folu Net Sink 2030 Terobosan Mitigasi Iklim

Selasa, 27 September 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Dr Siti Nurbaya Bakar memastikan pemerintah terus melakukan terobosan mengenai perubahan iklim. Hal ini penting untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

"Jadi, pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan memiliki peran penting untuk menangkal dari ancaman bencana, dan hal ini juga sebagaimana tercantum dalam UUD 1945," ujar Siti Nurbaya, dalam orasi ilmiah Dies Natalis Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, Selasa (27/9/2022).

Siti Nurbaya menjelaskan, pada aspek pengendalian iklim, Indonesia juga telah menegaskan pada dunia melalui ratifikasi Paris Agreement dan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2016.

"Tentunya, komitmen kita tetap kita jalankan untuk mewujudkan tujuan global dengan membatasi kenaikan rata-rata suhu global di bawah 2 derajat celcius dari tingkat pre-industrialisasi," jelasnya.

Adapun dalam upaya tersebut, kata Siti Nurbaya, sejumlah langkah juga telah dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Indonesia telah menyusun straregi implementasi NDC (Nationally Determined Contribution), juga strategi jangka panjang pembangunan rendah karbon yang terangkum dalam Forestry and Other Land Uses (Folu Net Sink 2030), Industrial Process and Peoduction Uses (IPPU) dan Limbah (Waste)," imbuhnya.

Sosok penerima gelar Profesor Kehormatan dalam Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Alam Universitas Brawijaya ini juga mengajak seluruh generasi muda untuk bersama-sama ikut serta dalam agenda perubahan iklim.

Menurut Siti Nurbaya, Folu Net Sink 2030 bisa menjadi acuan dalam proses perubahan iklim Indonesia untuk masyarakat global di seluruh dunia.

"Jadi, adik-adik perlu ketahui, bahwa Folu Net Sink 2030 ini memberikan target pembangunan yang sangat fokus, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah pembangunan di sektor kehutanan. Nah, untuk yang masih kuliah di fakultas kehutanan bisa ikut serta, agar apa? Agar generasi muda memiliki sikap dan peran penting dalam menjaga kelestarian hutan sebagai harta warisan bagi kita semua," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunung Semeru Masih Terus "Batuk-batuk" Setiap Hari

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus "batuk-batuk" alias erupsi setiap hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Menteri Agama Kutuk Keras Bom Bunuh Diri di Bandung

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

BMKG Perbarui Data Gempa Sukabumi Jadi M 5,8

BMKG memperbarui data gempa di Kota Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) dari sebelumnya magnitudo 6,1 menjadi 5,8.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 6,1 Guncang Kota Sukabumi dan Sekitarnya

Kota Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 6,1, pada Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 7.50 WIB.

NEWS | 8 Desember 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim Sore Ini

BMKG memperingatkan potensi hujan kilat atau petir dan disertai angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Basarnas pada hari Rabu (7/12/2022) tidak berhasil menemukan tambahan korban jiwa gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejuaraan Dunia Wushu Junior: Menpora Harapkan Indonesia Tambah Emas Lagi

Kejuaraan Dunia Wushu Junior: Menpora Harapkan Indonesia Tambah Emas Lagi

SPORT | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE