Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

PKS Sebut Anies Diterima Nasdem dan Demokrat sebagai Capres

Selasa, 27 September 2022 | 18:35 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Milad ke-20 PKS di Istora, Senayan, Jakarta, Minggu, 29 Mei 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Juri Bicara PKS, Muhammad Kholid mengatakan partainya bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat telah sepakat untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Menurut Kholid, tidak ada resistensi dari tiga partai tersebut terkait nama Anies Baswedan.

"Kalau dari sisi capres, sosok Gubernur DKI Anies Baswedan muncul menjadi salah satu yang terkuat dalam pembahasan kami, meskipun tidak menutup pada pilihan yang lain," ujar Kholid kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Bagi PKS, kata Kholid, Anies memiliki kedekatan khususnya saat Pilkada DKI Tahun 2017. Saat itu, PKS bersama Gerindra mengusung Anies dan Sandiaga Uno sebagai pasangan cagub dan cawagub.

"Meskipun Anies bukan kader tetapi Anies memiliki sejarah kebersamaan dengan PKS saat Pilkada DKI dan memimpin DKI. Kader-kader PKS juga bisa menerima sosok Anies," ungkap Kholid.

Sementara Nasdem, kata Kholid, juga dekat dengan Anies. Hal ini karena Anies Baswedan merupakan salah seorang pendiri ormas Nasdem. Selain itu, Anies masuk dalam salah satu bakal capres Nasdem hasil Rakernas 2022. Begitu juga Demokrat, kata Kholid, menyambut baik Anies yang pernah menjadi peserta konvensi capres Partai Demokrat.

"Bagi Nasdem, Anies salah satu yang jelas diusung. Bagi Demokrat, sosok Anies juga tidak ada resistensi," tegas Kholid.

Untuk itu, kata Kholid, ketiga partai sepakat untuk mengusung Anies sebagai capres. Saat ini kata Kholid, PKS, Nasdem, dan Demokrat sedang membahas bakal cawapres yang akan mendampingi Anies. Ketiga partai, tutur dia, berhak mengajukan bakal cawapres 2024.

"Masing-masing partai berhak ajukan aspirasinya," kata Kholid.

Sebelumnya, Politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan memastikan jika Nasdem bakal mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Menurut Zulfan, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh bakal mengumumkan Anies pada 10 November 2022 bersama koalisi Partai Nasdem, yakin Partai Demokrat dan PKS.

"Secara logika politik yang paling memungkin kan, ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan bersama koalisi, jadi Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen," ujar Zulfan kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Zulfan mengakui Rakernas Partai Nasdem menetapkan tiga nama sebagai bakal capres di Pilpres 2024. Ketiga nama itu, yakni Anies, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dari tiga nama ini, kata dia, yang paling memungkinkan adalah Anies karena Ganjar masih terikat dengan PDIP dan Jenderal Andika Perkasa masih terikat aturan militer.

"Jadi, kalau soal capres sudah selesai," tegasnya.

Saat ini, kata Zulfan, pihaknya dengan Demokrat dan PKS belum menentukan cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan. Jika sudah ditentukan sebelum 10 November, nama cawapres akan diumumkan bersama sekaligus pasangan capres-cawapres yang diusung Nasdem, Demokrat dan PKS di Pilpres 2024.

"Yang urgen itu capres duluan. Kalau cawapres belum diputuskan hingga 10 November, maka bisa dilanjutkan lagi setelah pengumuman capres," kata Zulfan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI