Logo BeritaSatu

Seluruh Logistik Penunjang KTT G-20 Selesai Akhir Oktober

Selasa, 27 September 2022 | 23:32 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G-20 (KTT G-20) memastikan segala kebutuhan sarana pendukung dan logistik keperluan konferensi akan terpenuhi.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menyebut semua persiapan puncak acara KTT G-20 di Bali di bidang infrastruktur akan bisa rampung pada akhir Oktober 2022.

"Target kami akhir Oktober ini akan selesai," kata Andreas Patria, juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dalam webinar pada Selasa (27/9/2022).

Dalam keterangannya, dijelaskan acara puncak tingkat kepala negara KTT G-20 akan dilaksanakan pada 15-16 November mendatang di Bali. Kemenko Maritim dan Investasi merupakan lembaga yang ditunjuk dan bertanggung jawab sebagai ketua bidang dukungan penyelenggaraan acara.

Salah satu persiapan logistik yang ditangani Kemenko Marves adalah kesiapan Bandara Ngurah Rai untuk melayani penerbangan.

"Akan banyak pesawat yang hadir, baik yang komersial, pribadi, bahkan pesawat kepresidenan," kata Andreas.

Pemerintah akan memastikan semua kebutuhan penerbangan itu terpenuhi, antara lain soal parkir pesawat, jadwal pendaratan, hingga parkir pesawat.

"Bandara Ngurah Rai tidak cukup untuk menampung," ujar Andreas.

Oleh karena itu beberapa bandara di sekitar Bali juga akan diaktifkan untuk membantu. Kesiapan akomodasi perhotelan sebagai tempat menginap delegasi juga menjadi perhatian.

Saat ini terdapat 22 hotel di berbagai kawasan di Bali yang menyediakan lebih dari 8.000 kamar. Antara lain berada di Nusa Dua, Kuta, Jimbaran, Sanur, Seminyak, dan Tanjung Benoa.

Dari 22 hotel itu tersedia 26 kamar kelas presidential suite. Selain itu, juga terdapat alternatif hotel lainnya yang menyediakan 13 kamar presidential suite. Sehingga total bisa menampung hingga 39 tamu VVIP.

Hal lain yang disiapkan panitia adalah unit transportasi listrik. Hal ini sejalan dengan misi mempopulerkan green energy atau energi terbarukan.

"Ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dan pencemaran lingkungan," kata Andreas.

Beberapa pabrikan otomotif sudah menyatakan minat menyediakan mobil listrik untuk mendukung pelaksanaan KTT G-20 ini. Antara lain Hyundai, Toyota, dan Wuling.

"Mobil-mobil itu dipinjamkan oleh perusahaan itu untuk pelaksanaan KTT G-20," imbuh Andreas.

Bahkan beberapa pabrikan dan perusahaan lain juga berencana meminjamkan sepeda dan motor listrik. "Hampir semua industri ingin terlibat dan menawarkan dukungan untuk membantu pemerintah Indonesia dalam KTT G-20," ujar Andreas.

G-20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Selain Indonesia, anggota G-20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turkiye, dan Uni Eropa.

Saat ini Indonesia memegang tampuk presidensi G-20 dengan mengusung tema Recover Together, Recover Stronger. Dengan tema itu, Indonesia mengajak seluruh dunia bahu-membahu dan saling mendukung untuk pulih bersama, bahkan tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Emak-emak Rusia Bikin Petisi Antiperang Ukraina di Hari Ibu

Emak-emak dari tentara Rusia membuat petisi antiperang online untuk menuntut penarikan pasukan dari Ukraina pada perayaan Hari Ibu.

NEWS | 28 November 2022

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Bharada E Cs Hadapi Persidangan Kasus Brigadir J

Bharada E duduk sebagai terdakwa bersama dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada sidang dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awal Pekan Investor Bersemangat, IHSG Masih di Zona Hijau

Awal Pekan Investor Bersemangat, IHSG Masih di Zona Hijau

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE