Logo BeritaSatu

Raja Salman Tunjuk Pangeran Mohammed Jadi PM Arab Saudi

Rabu, 28 September 2022 | 07:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Riyadh, Beritasatu.com- Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud memerintahkan pengangkatan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) sebagai Perdana Menteri Arab Saudi pada Selasa (27/9/2022) sebagai bagian dari perombakan kabinet.

Pangeran Mohammed sudah menjadi penguasa de facto pengekspor minyak terbesar di dunia, dan penunjukan itu meresmikan perannya sebagai pemimpin pemerintahan kerajaan.

Putra mahkota, yang dikenal dengan inisial MBS, sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri sekaligus menteri pertahanan. Dia digantikan sebagai menteri pertahanan oleh adiknya, Khalid bin Salman, yang merupakan wakil menteri pertahanan.

Dengan menunjuk MBS sebagai perdana menteri, peran yang sebelumnya – dan biasanya – dipegang oleh raja, Raja Salman melanjutkan transfer kekuasaan yang lambat namun stabil di kerajaan.

Dekrit kerajaan pada Selasa (27/9) tidak menyatakan alasan di balik penunjukan itu. Namun kantor berita yang dikelola negara SPA menyatakan bahwa raja - yang tetap menjadi kepala negara - akan terus memimpin rapat kabinet yang dia hadiri.

Pada Mei, raja dirawat di rumah sakit untuk pemeriksaan dan perawatan medis, SPA melaporkan pada saat itu. Putra mahkota berusia 37 tahun itu sudah bertanggung jawab atas banyak portofolio utama kerajaan, termasuk ekonomi, pertahanan, minyak, dan keamanan internal.

Saudi Press Agency melaporkan di bawah dekrit kerajaan yang dikeluarkan oleh raja, Pangeran Khalid bin Salman akan menjadi Menteri Pertahanan di tengah perombakan kabinet.

Perombakan tersebut juga melihat penunjukan Yousef bin Abdullah Al-Bunyan sebagai Menteri Pendidikan.

Para menteri yang masih mempertahankan posisi mereka adalah Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman, Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan, Menteri Investasi Khalid bin Abdulaziz Al-Falih, Menteri Dalam Negeri Pangeran Abdulaziz bin Saud, dan Menteri Keuangan Mohammed bin Abdullah Al-Jadaan.

Pangeran Abdullah bin Bandar juga tetap sebagai Menteri Garda Nasional, Walid Al-Samaani tetap dalam perannya sebagai Menteri Kehakiman, sementara Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh juga tetap menjadi Menteri Urusan Islam.

Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan akan tetap sebagai Menteri Kebudayaan, dan Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal tetap sebagai Menteri Olahraga.

Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah juga akan tetap menjabat sebagai Menteri Haji dan Umrah, sementara Majid bin Abdullah Al-Qasabi juga tetap sebagai Menteri Perdagangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

NEWS | 58 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE