Logo BeritaSatu

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Rabu, 28 September 2022 | 08:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden. Namun Snowden tidak akan dikirim ke medan perang.

Seperti dilaporkan RT, Senin (26/9/2022), mantan kontraktor Booz-Allen itu tidak memenuhi syarat untuk dimobilisasi ke front Ukraina karena dia tidak bertugas di tentara Rusia.

Pernyataan pengacara Snoden itumenuangkan air dingin ke spekulasi media sosial yang panas bahwa Snowden mungkin direkrut militer karena dia secara resmi menjadi warga negara Rusia.

Pada Senin (26/9/2022), kantor berita Rusia TASS mengonfirmasi status Snowden itu. Nama orang Amerika itu dimasukkan tanpa gembar-gembor dalam daftar 72 orang asing yang menjadi warga negara.

Snowden, yang mengajukan kewarganegaraan pada tahun 2020 setelah menerima hak tinggal permanen, belum mengomentari keputusan tersebut pada Senin malam waktu Moskwa. Istri Snowden juga akan mengajukan permohonan kewarganegaraan, menurut pengacaranya.

Saat fakta bahwa Snowden telah tinggal di Rusia sejak melarikan diri dari AS pada tahun 2013 telah dianggap sebagai "bukti" bahwa ia meremehkan pemerintah AS atas nama Moskwa, Snowden terdampar di Bandara Sheremetyevo saat tiba dari Hong Kong.

Snowden mengejar penerbangan lanjutan ke Kuba setelah AS membatalkan paspornya di tengah penerbangan. Dia dilaporkan dalam perjalanan ke Ekuador, tempatnya mengajukan permintaan suaka. Ekuador kemudian menjadi pemerintah yang ramah terhadap pembangkang Amerika.

AS masih ingin Snowden kembali ke rumah untuk menghadapi tuduhan spionase terkait dengan kebocoran file raksasa tahun 2013 yang mengungkapkan operasi pengawasan NSA yang luas, yang menargetkan warga sipil Amerika ke tingkat yang jauh lebih besar daripada yang diketahui publik sebelumnya.

Namun, alih-alih merilis dokumen itu sendiri, pelapor menjangkau sekelompok kecil jurnalis dan pembuat film termasuk Glenn Greenwald dan Laura Poitras, menginstruksikan mereka untuk menyusun dan menerbitkannya sesuai kebutuhan.

Snowden kemudian mengeluarkan pesan, yang pada dasarnya merupakan versi terbaru dari cuitan November 2020, mengatakan dia ingin keluarganya tetap bersama dan meminta privasi.

"Setelah bertahun-tahun berpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak memiliki keinginan untuk berpisah dari anak-anak kami. Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun pengasingan, sedikit stabilitas akan membuat perbedaan bagi keluarga saya. Saya berdoa untuk privasi mereka - dan untuk kita semua," tulis cuitan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara melambung tinggi menjadi Rp 54.000 per papan.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Lebak Berebut Berdesakan BLT, Banyak Anak Terjepit

Ribuan warga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang ingin mendapatkan BLT BBM membeludak di kantor Kecamatan Rangkasbitung.

NEWS | 4 Desember 2022

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong

Produksi kerupuk rengginang asal Mojokerto mampu menembus pasar Hong Kong, dengan kemasan khusus menggunakan bahasa Mandarin.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Pemukulan Imam Masjid di Bekasi Berakhir Damai

Diduga, pelaku pemukulan imam masjid mengalami gangguan saraf dan beberapa kali melakukan pemeriksaan di kedokteran.

NEWS | 4 Desember 2022

Gara-gara Warisan, Anak Kesayangan Tega Bunuh Ayah Sendiri

Satreskrim Polres Indramayu, menggelar olah TKP pembunuhan ayah kandung oleh anaknya sendiri di Desa Eretan Kulon, Indramayu.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Radius 7 Km

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Minggu (04/12/2022) pagi.

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab Garut Masih Pantau Dampak Kerusakan Gempa M 6,1

Pemkab Garut menerjunkan petugas dari dinas terkait maupun tingkat kecamatan dan desa untuk memeriksa tingkat kerusakan dampak gempa M 6,1.

NEWS | 4 Desember 2022

Menko Luhut Cek Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina

Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Luhut Binsar Pandjaitan, mendatangi kediaman Erina, Sabtu (3/12/2022) sore.

NEWS | 4 Desember 2022

Moeldoko: Penyandang Disabilitas Butuh Pemenuhan Hak, Bukan Dikasihani

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Erick Thohir Bicara Peluang Indonesia Bidding Rumah Piala Dunia

Erick Thohir berbicara tentang peluang Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Piala Dunia.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Funky Kebaya Lenny Agustin Terinspirasi Sosok Gusti Nurul

Funky Kebaya Lenny Agustin Terinspirasi Sosok Gusti Nurul

LIFESTYLE | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE