Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Rabu, 28 September 2022 | 09:13 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WM
Ilustrasi KPK.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar pada Rabu (28/9/2022). Dua capim KPK tersebut adalah Johanis Tanak yang merupakan seorang jaksa dan I Nyoman Wara auditor BPK.

Berdasarkan agenda yang tersebar, fit and proper test ini akan berlangsung pada Pukul 14.00 WIB. Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan, dirinya belum bisa menjelaskan soal mekanisme dalam pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

"Silakan lihat saja nanti siang di Komisi III," kata Arsul kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Arsul mengakui bahwa I Nyoman Wara dan Johanis Tanak memang telah melakukan fit and proper test saat mengikuti seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023, pada September 2019 lalu. Namun, kata Arsul, keduanya perlu dilakukan fit and proper test lagi untuk memastikan kedua tokoh tersebut, layak atau tidak menjadi komisioner KPK.

"Dulu kan sudah fit and proper test, dulu kan itu keadaan tiga tahun yang lalu. Kita kan tidak tahu persis apakah dua orang calon itu setelah tiga tahun masih memenuhi syarat atau tidak sebagai capim KPK. Itu yang harus kami dalami dalam fit and proper test itu," beber Arsul.

Karena itu, kata Arsul, Komisi III DPR nantinya akan menentukan salah satu dari kedua orang tersebut untuk menjadi jabatan Wakil Ketua KPK.

"Setelah fit and proper test, karena memang KPK ini bukan persetujuan tapi pemilihan, ya tentu kami akan pilih nanti satu," pungkas Arsul.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI