Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

Rabu, 28 September 2022 | 10:16 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Satu sepeda motor terbakar di tengah persimpangan saat protes untuk Mahsa Amini, seorang wanita yang meninggal setelah ditangkap oleh "polisi moral" republik Islam, di Teheran pada Senin 19 September 2022.

Teheran, Beritasatu.com- LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang. Pihak berwenang memberlakukan tindakan keras terhadap demonstran anti rezim Iran. Seperti dilaporkan AFP, Selasa (27/9/2022), jumlah itu diungkap LSM Hak Asasi Manusia Iran (IHR) yang berbasis di Norwegia.

“Kami menyerukan kepada masyarakat internasional untuk secara tegas dan bersatu mengambil langkah-langkah praktis untuk menghentikan pembunuhan dan penyiksaan para pengunjuk rasa,” kata Direktur IHR, Mahmood Amiry-Moghaddam.

Amiry-Moghaddam menambahkan bahwa rekaman video dan sertifikat kematian yang diperoleh oleh kelompok itu menunjukkan “amunisi langsung sedang ditembakkan. menembaki pengunjuk rasa."

Dikatakan, kematian telah dicatat di 14 provinsi di Iran, dengan jumlah tertinggi, 25 orang, tercatat di provinsi Mazandaran utara di Laut Kaspia. Tiga kematian telah dicatat di Teheran.

IHR juga menyatakan sebagian besar keluarga telah dipaksa untuk diam-diam mengubur orang yang mereka cintai di malam hari dan ditekan untuk tidak mengadakan pemakaman umum.

Banyak keluarga diancam dengan tuntutan hukum jika mempublikasikan kematian kerabat yang tewas. Menurut jumlah resmi Iran, 41 orang tewas termasuk beberapa anggota pasukan keamanan.

Kematian Amini menyusul penangkapannya oleh polisi moral memicu demonstrasi nasional. Wanita berusia 22 tahun itu telah ditangkap karena diduga melanggar aturan ketat Iran tentang jilbab dan pakaian sederhana.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI