Logo BeritaSatu

Tokoh Taliban Serukan Pembukaan Sekolah Anak Perempuan Afghanistan

Rabu, 28 September 2022 | 11:14 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Islamabad, Beritasatu.com- Wakil Taliban menyerukan pembukaan kembali sekolah untuk anak perempuan Afghanistan. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), seorang anggota senior pemerintah Taliban mengatakan tidak ada alasan yang sah dalam Islam untuk larangan tersebut.

Seruan dari Sher Mohammad Abbas Stanikzai, wakil menteri luar negeri Taliban, datang selama pertemuan puncak Taliban di Kabul. Itu adalah suara moderat yang langka di tengah tindakan keras yang diberlakukan oleh Taliban sejak mereka menyerbu negara itu dan merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

Langkah-langkah tersebut termasuk melarang anak perempuan dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas meskipun janji awal bertentangan. Wanita diwajibkan untuk menutupi diri dari ujung rambut sampai ujung kaki di depan umum, dengan hanya memperlihatkan mata.

Taliban menyatakan mereka sedang mengerjakan rencana untuk membuka sekolah menengah untuk anak perempuan tetapi belum memberikan kerangka waktu.

PBB telah menyebut larangan itu "memalukan" dan masyarakat internasional telah berhati-hati untuk secara resmi mengakui Taliban, takut kembali ke aturan keras yang sama yang diberlakukan Taliban ketika mereka terakhir berkuasa pada akhir 1990-an.

“Sangat penting bahwa pendidikan harus diberikan kepada semua, tanpa diskriminasi. Perempuan harus mendapatkan pendidikan, tidak ada larangan Islam untuk pendidikan anak perempuan,” kata Stanikzai.

“Jangan sampai memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membuat gap antara pemerintah dan masyarakat. Jika ada masalah teknis, itu perlu diselesaikan, dan sekolah untuk anak perempuan harus dibuka,” imbuhnya.

Namun, tidak jelas apakah dan seberapa besar Stanikzai dapat memengaruhi kelompok garis keras, yang tampaknya memegang kendali dalam pemerintahan Taliban.

Stanikzai pernah menjadi kepala tim Taliban di tpembicaraan yang mengarah pada kesepakatan 2020 di Qatar antara Taliban dan Amerika Serikat yang mencakup penarikan penuh pasukan asing dari Afghanistan.

Pernyataan Stanikzai menyusul penunjukan Taliban sebagai menteri pendidikan baru, beberapa hari setelah PBB meminta mereka untuk membuka kembali sekolah untuk anak perempuan.

PBB memperkirakan bahwa lebih dari 1 juta anak perempuan telah dilarang menghadiri sebagian besar sekolah menengah dan sekolah menengah atas selama setahun terakhir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE