Logo BeritaSatu

Tokoh Taliban Serukan Pembukaan Sekolah Anak Perempuan Afghanistan

Rabu, 28 September 2022 | 11:14 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Islamabad, Beritasatu.com- Wakil Taliban menyerukan pembukaan kembali sekolah untuk anak perempuan Afghanistan. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), seorang anggota senior pemerintah Taliban mengatakan tidak ada alasan yang sah dalam Islam untuk larangan tersebut.

Seruan dari Sher Mohammad Abbas Stanikzai, wakil menteri luar negeri Taliban, datang selama pertemuan puncak Taliban di Kabul. Itu adalah suara moderat yang langka di tengah tindakan keras yang diberlakukan oleh Taliban sejak mereka menyerbu negara itu dan merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

Langkah-langkah tersebut termasuk melarang anak perempuan dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas meskipun janji awal bertentangan. Wanita diwajibkan untuk menutupi diri dari ujung rambut sampai ujung kaki di depan umum, dengan hanya memperlihatkan mata.

Taliban menyatakan mereka sedang mengerjakan rencana untuk membuka sekolah menengah untuk anak perempuan tetapi belum memberikan kerangka waktu.

PBB telah menyebut larangan itu "memalukan" dan masyarakat internasional telah berhati-hati untuk secara resmi mengakui Taliban, takut kembali ke aturan keras yang sama yang diberlakukan Taliban ketika mereka terakhir berkuasa pada akhir 1990-an.

“Sangat penting bahwa pendidikan harus diberikan kepada semua, tanpa diskriminasi. Perempuan harus mendapatkan pendidikan, tidak ada larangan Islam untuk pendidikan anak perempuan,” kata Stanikzai.

“Jangan sampai memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membuat gap antara pemerintah dan masyarakat. Jika ada masalah teknis, itu perlu diselesaikan, dan sekolah untuk anak perempuan harus dibuka,” imbuhnya.

Namun, tidak jelas apakah dan seberapa besar Stanikzai dapat memengaruhi kelompok garis keras, yang tampaknya memegang kendali dalam pemerintahan Taliban.

Stanikzai pernah menjadi kepala tim Taliban di tpembicaraan yang mengarah pada kesepakatan 2020 di Qatar antara Taliban dan Amerika Serikat yang mencakup penarikan penuh pasukan asing dari Afghanistan.

Pernyataan Stanikzai menyusul penunjukan Taliban sebagai menteri pendidikan baru, beberapa hari setelah PBB meminta mereka untuk membuka kembali sekolah untuk anak perempuan.

PBB memperkirakan bahwa lebih dari 1 juta anak perempuan telah dilarang menghadiri sebagian besar sekolah menengah dan sekolah menengah atas selama setahun terakhir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sri Mulyani Wanti-wanti Imbas Bunga Fed di 2023 bakal Lama

Sri Mulyani Wanti-wanti Imbas Bunga Fed di 2023 bakal Lama

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE