Logo BeritaSatu

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Rabu, 28 September 2022 | 12:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS ke Latvia, negara tetangga Rusia. Seperti dilaporkan RT, Senin (26/9/2022), Washington mengirim dua sistem roket bersama dengan puluhan personel untuk mendukung latihan militer Latvia.

Komando Angkatan Darat AS Eropa dan Afrika mengumumkan pada Minggu (25/9) bahwa akan mengirim dua Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) bersama dengan sekitar selusin personel ke Latvia, untuk mengambil bagian dalam latihan militer kesiapan nasional yang dipimpin NATO.

Sistem M142 HIMARS akan tiba di negara Baltik pada hari Senin untuk mengambil bagian dalam fase jatuh dari apa yang disebut latihan NAMEJS, yang berlangsung dari 5 September hingga 9 Oktober.

Sistem artileri buatan AS akan digunakan pada 26 September dan 27 untuk mendemonstrasikan penyebaran cepat peluncuran presisi jarak jauh ke perbatasan timur NATO.

“NAMEJS dirancang untuk meningkatkan kesiapan, daya mematikan, modernisasi, dan interoperabilitas dengan melatih kemampuan Angkatan Darat AS di Eropa dan Afrika untuk secara cepat menyebarkan kemampuan tembakan presisi jarak jauh dalam koordinasi dengan sekutu dan mitra kami, dan mengintegrasikan tembakan bersama di lingkungan multinasional,” bunyi pernyataan di situs web perintah.

“Latihan tersebut juga dilaporkan akan melibatkan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Nasional Spanyol (NASAMS) untuk memberikan pelatihan perlindungan antipesawat,” kata Kapten Matiss Students, seorang perwira perencanaan dengan Angkatan Udara NATO, yang memperingatkan penduduk Latvia bahwa akan ada sedikit penerbangan pelatihan militer ketinggian di wilayah timur negara itu selama latihan.

Selain NAMEJS 2022, NATO bermaksud untuk melakukan latihan tambahan di wilayah tersebut di bawah moniker “Silver Arrow.” Blok pimpinan AS mengumumkan bahwa sekitar 4.200 tentara dari 17 negara anggota akan ambil bagian dalam latihan ini, yang dimaksudkan untuk “memperkuat kesatuan angkatan darat dan udara. NATO meningkatkan kemampuan tempur dan kesiapan mereka untuk mencegah dan mempertahankan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022

Sabtu Menikah, Ini Prosesi Perkawinan Kaesang-Erina

Sejumlah rangkaian acara jelang acara akad nikah akan dijalani Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dengan rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE