Logo BeritaSatu

Rusia Usir Diplomat Jepang yang Dituduh Spionase

Rabu, 28 September 2022 | 12:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia mengusir diplomat Jepang yang dituduh melakukan spionase. Seperti dilaporkan Newsweek, Selasa (27/9/2022), perselisihan dimulai Senin (26/9) ketika Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengumumkan telah menghentikan aktivitas spionase Motoki Tatsunori, konsul Konsulat Jenderal Jepang di Vladivostok.

Pernyataan itu menyebut bahwa Tatsunori ditahan saat menerima informasi rahasia, dengan imbalan uang, tentang kerja sama Rusia dengan negara lain di kawasan Asia-Pasifik.

FSB kemudian merilis satu video yang dimaksudkan untuk menunjukkan diplomat Jepang itu mengaku melanggar hukum Rusia dalam satu klip yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Newsweek.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil kepala konsulat Vladivostok Jepang dan menyatakan Tatsunori "persona non grata" untuk "kegiatan yang tidak sesuai dengan status petugas konsuler dan merugikan kepentingan keamanan Rusia," dan memberinya waktu 48 jam untuk meninggalkan negara itu.

Jepang telah bereaksi keras terhadap insiden itu, dengan Menteri Luar Negeri Hayashi Yoshimasa dan Kepala Sekretaris Kabinet Matsuno Hirokazu menyangkal tuduhan Rusia dan menuduh pihak berwenang Rusia memperlakukan rekan senegaranya dengan buruk.

"Ini bertentangan dengan fakta bahwa konsul ini terlibat dalam kegiatan ilegal seperti yang diklaim pihak Rusia," kata seorang pejabat Jepang kepada Newsweek.

Pejabat itu mengatakan bahwa konsul "dibawa pergi tanpa bisa bergerak, terus-menerus ditutup matanya dengan tangan dan kepalanya ditekan, dan ditempatkan di bawah tindakan yang melelahkan."

"Tindakan seperti itu oleh pihak Rusia adalah pelanggaran yang jelas dan serius terhadap Konvensi Wina tentang Hubungan Konsuler serta perjanjian konsuler bilateral, dan sangat disayangkan dan tidak dapat diterima. Kami juga memprotes keras pernyataan persona non grata yang tak terbayangkan untuk konsul ini setelah perlakuan tidak adil seperti itu," tambah pejabat itu.

Pada Selasa (27/9), Duta Besar Rusia untuk Jepang, Mikhail Galuzin, telah menolak reaksi Tokyo. Dia mengatakan Tatsunori yang "bertindak melanggar otoritasnya, dan tidak mematuhi hukum kami dan Konvensi Wina," menurut komentar yang dibawa oleh agensi berita Rusia TASS yang dikelola negara.

"Ini adalah pihak Rusia yang memiliki alasan untuk memprotes, seperti yang diungkapkan kemarin. Dan memiliki alasan untuk menuntut permintaan maaf atas perilaku diplomat Jepang seperti itu dan menuntut agar tindakan seperti itu oleh diplomat Jepang di Rusia dicegah di masa depan.," kata Galuzin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penembak Dog Walker Lady Gaga Divonis 21 Tahun Penjara

Seorang pria yang diketahui telah menembak dog walker Lady Gaga dijatuhi hukuman 21 tahun penjara di Pengadilan Los Angeles.

NEWS | 6 Desember 2022

Total Rumah Rusak Gempa Cianjur Jadi 47.769 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat mencapai 47.769 unit, hal ini diungkapkan Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib.

NEWS | 6 Desember 2022

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Maroko vs Spanyol

Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Maroko vs Spanyol

SEMESTA BOLA 2022 | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE