Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pelaku Pungli terhadap Soleh Solihun Sudah Dipecat

Rabu, 28 September 2022 | 14:05 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / FMB
Ilustrasi membayar pajak kendaraan di kantor Samsat.

Jakarta, Beritasatu.com - Samsat Jakarta Selatan menghentikan pelaku pungli yang dialami oleh komika Soleh Solihun saat melakukan cek fisik kendaraan dalam proses perpanjangan STNK.

"Sudah diberhentikan untuk tidak menggesek lagi," kata Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono saat dihubungi, Rabu (28/9/2022).

"Betul (sudah tidak bertugas di Samsat Jakarta Selatan)," imbuhnya.

Mulyono juga mengungkapkan bahwa pelaku pungli berinisial AS itu merupakan pekerja harian lepas (PHL) di Samsat Jakarta Selatan. AS, kata Mulyono, juga melakukan aksi pungli itu atas inisiatifnya sendiri.

"Itu PLH, kayak pekerja, dia punya keahlian gesek, tetapi bukan polisi," ucap dia.

Lebih lanjut, Mulyono menegaskan bahwa proses cek fisik kendaraan dalam pengurusan STNK tidak dipungut biaya. Ia juga menyatakan telah memasang banner di Samsat untuk menyebarkan informasi ini kepada masyarakat.

"Statement saya tidak ada pungutan. Banner itu sudah saya pasang," ujarnya.

Sebelumnya, Soleh Solihun membagikan pengalamannya saat mengurus perpanjangan lima tahunan STNK di media sosial.

Dalam ceritanya itu, Soleh menyampaikan bahwa dirinya mengurus perpanjangan 5 tahunan STNK motornya di Polda Metro Jaya pada pukul 08.00.

Ia juga mengatakan bahwa saat melakukan cek fisik kendaraan dirinya membayar biaya sebesar Rp 30.000. Hal ini kemudian disorot oleh netizen dan menyebut bahwa semestinya cek fisik tak dipungut biaya.

Komentar netizen itu dijawab oleh Soleh dengan menyampaikan bahwa dirinya mengira cek fisik kendaraan memang dipungut biaya.

Setelahnya, Soleh mengunggah cuitan baru yang menjelaskan bahwa Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono meminta maaf dan menjelaskan perkara Rp 30.000 untuk cek fisik adalah ulah oknum.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI