Logo BeritaSatu

Kejagung Tancap Gas, Berkas Ferdy Sambo Cs Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.comKejaksaan Agung (Kejagung) tancap gas dalam menyusun surat dakwaan Ferdy Sambo dan tersangka lainnya di kasus dugaan pembunuhan berencana dan obstruction of justice Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Hal itu mengingat berkas perkara para tersangka telah dinyatakan lengkap. Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana mengatakan bisa saja surat dakwaan para tersangka dilimpahkan ke pengadilan pekan depan.

“Jadi, kami tidak membuang waktu. Hari ini langsung kami bahas surat dakwaan, hari ini sampai hari Jumat kami mengebut dan bisa saja satu minggu setelah ini kami limpahkan ke pengadilan,” kata Fadil saat jumpa pers di gedung Kejagung, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Dia memandang jaksa penuntut umum (JPU) sejatinya tidak membutuhkan waktu lama dalam menyusun surat dakwaan para tersangka. Hal itu mengingat JPU juga telah menyusun rencana dakwaan sebelumnya. Kini, JPU hanya perlu menyempurnakan surat dakwaan dari segi tata bahasa sampai kelengkapan unsur serta kronologis suatu tindak pidana.

“Biasanya karena rencana surat dakwaan sudah ada, kami tidak perlu waktu yang lama, karena Kejaksaan Agung saat ini bekerja cepat,” ungkap Fadil.

Sebelumnya, Fadil menyatakan berkas perkara Ferdy Sambo maupun tersangka lainnya baik di kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J maupun obstruction of justice sudah lengkap. Dengan demikian, para tersangka di dua kasus tersebut segera disidang atas perbuatannya.

Polri menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J, yakni Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf atau KM, dan Putri Candrawathi.

Kelimanya disangkakan dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

Tidak hanya itu, Polri juga menetapkan Sambo dan enam orang sebagai tersangka obstruction of justice dalam penanganan kasus Brigadir J. Enam tersangka lainnya di kasus ini yakni, Brigjen Pol Hendra Kurniawan, Kombes Pol Agus Nurpatria, AKP Irfan Widyanto, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKBP Arif Rahman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiongkok Berduka, Pemimpin yang Bawa ke Era Transformasi Wafat

Mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin, yang memimpin negara melalui era transformasi dari akhir 1980-an dan memasuki milenium baru, wafat.

NEWS | 30 November 2022

Ribuan Ikan di Sekitar Pantai Mutiara Jakut Berhamburan ke Tepi Pantai

Sebuah video yang memperlihatkan ribuan ikan menepi ke daratan di sekitar Pantai Mutiara, Jakarta Utara, beredar di media sosial (medsos).

NEWS | 30 November 2022

Cak Imin Dorong Kebijakan Impor Beras Dievaluasi Total

Cak Imin mendorong Kementan, Kementerian Perdagangan, dan Perum Bulog melakukan evaluasi terhadap kebijakan impor beras pada akhir 2022.

NEWS | 30 November 2022

Perintah Ferdy Sambo Buat Bharada E Berdusta ke Kapolri

Perintah Ferdy Sambo membuat Bharada E berdusta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

NEWS | 30 November 2022

Putri Candrawathi Perintahkan Bharada E untuk Cuci Barang Brigadir J

Putri Candrawati meminta Bharada E beserta Bripka RR dan Kuat Ma'ruf untuk membersihkan barang-barang milik Brigadir J. 

NEWS | 30 November 2022

Jenuh di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Jualan Gorengan

Warga korban gempa Cianjur berjualan gorengan, kopi, dan makanan ringan lainnya, karena jenuh di pengungsian.

NEWS | 30 November 2022

Perkara Dewi Perssik, Polisi Utamakan Keadilan Restoratif

Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan mengutamakan pendekatan keadilan restoratif (restorative justice) dalam penanganan perkara Dewi Perssik.

NEWS | 30 November 2022

Seluruh Ketum Parpol KIB Kumpul Malam Ini, Bakal Usung Ganjar Pranowo?

Ketua umum parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) diisukan akan membahas Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024 dalam pertemuan malam ini.

NEWS | 30 November 2022

Gara-gara Tiongkok Keras di Sektor Teknologi, Jack Ma Pilih Tinggal di Jepang

Jack Ma telah tinggal di Jepang selama hampir enam bulan setelah menghilang dari pandangan publik menyusul tindakan keras Tiongkok di sektor teknologi.

NEWS | 30 November 2022

Jalur Pamulihan Lintas Selatan Garut Rawan Longsor Bebatuan

Daerah Pamulihan sebagai jalur utama lintas selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, rawan terjadi longsor yang seringkali membawa material bebatuan.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE