Logo BeritaSatu

Pemkab Bekasi Jatuhkan Sanksi terhadap Pabrik Keramik karena Cemari Lingkungan

Rabu, 28 September 2022 | 23:14 WIB
Oleh : Mikael Niman / CAR

Bekasi, Beritasatu.com - PT Sarana Griya Lestari Keramik terbukti melakukan pencemaran lingkungan di Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Pemerintah Kabupaten Bekasi (Pemkab) Bekasi memberikan sanksi terhadap perusahaan itu.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan proses pembuangan limbah hasil sisa produksi di pabrik keramik tersebut tidak sesuai aturan yang berlaku. Terdapat bahan berbahaya dan beracun (B3) dalam proses produksi, sehingga pembuangan limbah harus dilakukan sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).

“Ada proses pencampuran kimia, di situ ada di antaranya B3. Penanganannya ternyata tidak sesuai dengan prosedur dan UU,” ujar Dani Ramdan di lokasi pabrik, Rabu (28/9/2022).

Dia mengatakan awalnya Pemkab Bekasi menerima laporan warga terkait pencemaran di sungai dan pencemaran udara. “Ada laporan dari masyarakat lalu dicek oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Bekasi,” imbuhnya.

Setelah datang ke lokasi pabrik, dampak pencemaran lingkungan yang dihasilkan ternyata masuk kategori menengah hingga tinggi. Pemkab Bekasi kemudian melakukan koordinasi dengan DLH Provinsi Jawa Barat.

“Kami laporkan ke DLH Pemprov Jabar, kemudian ditindaklanjuti, direspons, akhirnya diputuskan bahwa memang ada 13 item pelanggaran dalam aspek pengelolaan terutama limbah cair dan udara,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan DLH Provinsi Jabar Arif Budhiyanto menambahkan, perusahaan diduga melanggar Pasal 100 UU 32/2009. Perusahaan diminta melakukan perbaikan manajemen pengelolaan limbah B3.

“Bisa dilakukan pembekuan izin sementara atau ditingkatkan ke ranah pidana sesuai dengan Pasal 100 UU Lingkungan Hidup,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal Jadi 334 Jiwa

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, hingga hari ini, Sabtu (3/12/2022) mencapai 334 jiwa.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir Rob Rendam Tiga Kecamatan di Kabupaten Pemalang

Banjir rob yang terjadi di tiga kecamatan di Kabupaten Pemalang berdampak pada 1.272 kepala keluarga (KK) atau 3.900 jiwa.

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut, BMKG: Aktivitas dalam Lempeng Indo-Australia

Gempa bumi yang terjadi di Garut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab).

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut 6,4 M, Warga Cianjur Dibuat Panik Tak Keruan

Warga Cianjur yang masih trauma akibat gempa kembali berhamburan keluar dari dalam rumah dan perkantoran menuju lapangan terbuka, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut M 6,4 Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Garut terjadi pada Sabtu pukul 16.49 WIB dan dirasakan getarannya di wilayah Garut, Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, Tasikmalaya dan Pamoyanan.

NEWS | 3 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit, Moeldoko: Tak Ada Toleransi

Moeldoko menilai tidak boleh ada toleransi dalam kasus dugaan perkosaan oleh perwira Paspampres terhadap seorang prajurit wanita.

NEWS | 3 Desember 2022

Pertamina Teken Kontrak Kerja Sama dengan Nippon Yusen Kaisha Senilai Rp 7,7 M

Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kerja sama dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo dengan nilai sekitar Rp 7,7 miliar.

NEWS | 3 Desember 2022

Getaran Gempa Garut Buat Panik Warga Sukabumi

Getaran gempa Garut hampir dirasakan oleh seluruh warga Sukabumi, namun belum ada laporan kerusakan.

NEWS | 3 Desember 2022

Masyarakat Padati Tempat Tes PCR Covid-19 di Beijing

Kerumunan orang memadati tempat-tempat tes PCR Covid-19 di Beijing hingga menyebabkan antrean panjang di Ibu Kota China itu.

NEWS | 3 Desember 2022

Hari Guru Nasional, Ini Pesan PGRI untuk Pemerintah

PGRI menitipkan pesan dari para guru kepada Presiden Joko Widodo agar pemerintah saat ini dan akan datang untuk tetap berpihak kepada para guru.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Belum Berlatih, Neymar Diragukan Bela Brasil Lawan Korsel

Belum Berlatih, Neymar Diragukan Bela Brasil Lawan Korsel

SEMESTA BOLA 2022 | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE