Logo BeritaSatu

Partai Demokrat Tetap Ingin AHY Ikut Pilpres 2024

Kamis, 29 September 2022 | 00:21 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya terbuka mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). Namun, kata Herzaky, aspirasi internal dan konstituen Partai Demokrat tetap menginginkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Herzaky merespons pernyataan politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan terkait deklarasi Anies Baswedan sebagai capres. Zulfan mengatakan peluang Anies terbuka untuk diusung oleh Nasdem, Partai Demokrat dan PKS dalam pesta demokrasi nanti.

“Bagaimana kami, dengan teman-teman Nasdem dan PKS, bisa semakin dekat dan semakin banyak mencapai kesepahaman. Kalau bicara mengenai rencana mengusung Anies sebagai capres, kemungkinan itu tentu terbuka,” ujar Herzaky kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Prinsip Partai Demokrat, menurut Herzaky, mengusung pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres) yang memiliki visi dan misi perbaikan dan perubahan serta potensi menangnya lebih besar. Jika capresnya sudah memiliki elektabilitas tinggi, tutur dia, maka tidak boleh pilih cawapres yang malah menggerus elektabilitas paslon ini.

“Kita mesti pilih yang bisa semakin menguatkan dan meningkatkan potensi keterpilihan,” katanya.

Saat ini, menurut Herzaky, di internal Partai Demokrat, deras sekali aspirasi dan harapan para kader dan konstituen agar AHY bisa mengikuti pilpres. Hanya saja, kata dia, belum ada keputusan resmi dari Demokrat.

“Karena koalisi dan urusan penentuan capres-cawapres ini, sesuai dengan AD/ART, masuk ranah Majelis Tinggi Partai Demokrat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengakui bila waktu deklarasi itu direncanakan pada 10 November 2022. Namun, hal tersebut belum sebuah keputusan final, karena masih dibahas oleh Nasdem, PKS dan Partai Demokrat.

“Tanggal deklarasi, apakah tanggal 10 November? Bisa saja, jika memang sebelumnya telah dicapai kesepakatan bersama dan sudah terbentuk koalisinya. Bisa juga lebih cepat, atau bahkan setelahnya,” pungkas Herzaky.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dinilai sudah menyampaikan kesaksian secara jujur di sidang kasus pembunuhan Brigadir J yang juga menjerat Ferdy Sambo.

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Nobar Akad Nikah Kaesang dan Erina di Plaza Ambarrukmo

Warga nonton bareng atau nobar prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono melalui layar lebar yang disediakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. 

NEWS | 10 Desember 2022

Mahar Pernikahan Kaesang untuk Erina: Rp 300.000 dan Puluhan Gram Logam Mulia

Dalam acara akad nikah tersebut, juga diperlihatkan mahar nikah Kaesang Pangarep untuk Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KUHP Disorot Australia, Sandiaga Uno Jamin Keamanan Wisman

Merespons keresahan sejumlah pihak terkait pengesahan KUHP, Menparekraf Sandiaga Uno menjamin keamanan ranah pribadi wisatawan selama berkunjung di Indonesia.

NEWS | 10 Desember 2022

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE