Logo BeritaSatu

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kamis, 29 September 2022 | 09:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mengundurkan jadwal pembahasan topik sulit ke awal 2024. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (27/9/2022), badan beranggotakan 164 negara itu dapat merundingkan kesepakatan yang lebih ambisius, seperti pertanian, perubahan iklim, dan reformasi internal, pada pertemuan berikutnya.

Perjanjian tersebut adalah yang pertama bagi pengawas perdagangan selama bertahun-tahun dan termasuk kesepakatan penangkapan ikan dan satu untuk meningkatkan pasokan vaksin Covid-19, meskipun ada banyak kompromi dan beberapa area masih belum terselesaikan.

"Saya percaya bahwa (paket Jenewa) ini akan memberikan dasar untuk lebih percaya diri bahwa kita dapat melakukan kerja sama multilateral," kata Ngozi Okonjo-Iweala kepada Reuters pada pembukaan forum di markas besar WTO di Jenewa.

“(Ini) memberikan dasar harapan bahwa kita dapat bergerak maju dan melihat masalah sulit lainnya,” katanya, seraya menambahkan harapan untuk beberapa topik pada pertemuan tingkat menteri berikutnya (MC13), selambat-lambatnya Maret 2024.

Salah satu bidang ini adalah pembaruan buku aturan WTO sendiri. Badan penyelesaian sengketa tertinggi WTO telah lumpuh sejak 2019 ketika Washington memblokir penunjukan hakim baru. Pembicaraan sedang berlangsung tentang menyelesaikan masalah itu.

"Saya berharap di MC13 kami dapat menyampaikan irisan agenda reformasi WTO," kata Okonjo-Iweala.

Delegasi mengatakan salah satu bidang negosiasi terberat di masa depan adalah perpanjangan kesepakatan yang dimenangkan dengan susah payah tentang pengabaian sebagian hak kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 untuk obat-obatan dan tes seperti yang diinginkan oleh India dan lainnya.

"Apa yang saya rasakan adalah ini akan sulit tetapi kami memiliki tenggat waktu untuk disampaikan dan kami bekerja keras," katanya.

Anggota WTO mencapai kesepakatan untuk memotong subsidi yang berkontribusi pada penangkapan ikan yang berlebihan, tetapi akan membutuhkan dua pertiga negara untuk meratifikasinya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE