Logo BeritaSatu

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kamis, 29 September 2022 | 09:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mengundurkan jadwal pembahasan topik sulit ke awal 2024. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (27/9/2022), badan beranggotakan 164 negara itu dapat merundingkan kesepakatan yang lebih ambisius, seperti pertanian, perubahan iklim, dan reformasi internal, pada pertemuan berikutnya.

Perjanjian tersebut adalah yang pertama bagi pengawas perdagangan selama bertahun-tahun dan termasuk kesepakatan penangkapan ikan dan satu untuk meningkatkan pasokan vaksin Covid-19, meskipun ada banyak kompromi dan beberapa area masih belum terselesaikan.

"Saya percaya bahwa (paket Jenewa) ini akan memberikan dasar untuk lebih percaya diri bahwa kita dapat melakukan kerja sama multilateral," kata Ngozi Okonjo-Iweala kepada Reuters pada pembukaan forum di markas besar WTO di Jenewa.

“(Ini) memberikan dasar harapan bahwa kita dapat bergerak maju dan melihat masalah sulit lainnya,” katanya, seraya menambahkan harapan untuk beberapa topik pada pertemuan tingkat menteri berikutnya (MC13), selambat-lambatnya Maret 2024.

Salah satu bidang ini adalah pembaruan buku aturan WTO sendiri. Badan penyelesaian sengketa tertinggi WTO telah lumpuh sejak 2019 ketika Washington memblokir penunjukan hakim baru. Pembicaraan sedang berlangsung tentang menyelesaikan masalah itu.

"Saya berharap di MC13 kami dapat menyampaikan irisan agenda reformasi WTO," kata Okonjo-Iweala.

Delegasi mengatakan salah satu bidang negosiasi terberat di masa depan adalah perpanjangan kesepakatan yang dimenangkan dengan susah payah tentang pengabaian sebagian hak kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 untuk obat-obatan dan tes seperti yang diinginkan oleh India dan lainnya.

"Apa yang saya rasakan adalah ini akan sulit tetapi kami memiliki tenggat waktu untuk disampaikan dan kami bekerja keras," katanya.

Anggota WTO mencapai kesepakatan untuk memotong subsidi yang berkontribusi pada penangkapan ikan yang berlebihan, tetapi akan membutuhkan dua pertiga negara untuk meratifikasinya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE