Logo BeritaSatu

Deretan Wanita Kuat dan Berpengaruh Mulai Kuasai Eropa

Kamis, 29 September 2022 | 09:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Fenomena deretan nama wanita kuat dan berpengaruh mulai menguasai benua Eropa. Pada Minggu (25/9/2022), pemimpin sayap kanan Italia Giorgia Meloni tampaknya akan bergabung dengan sekelompok lebih dari puluhan wanita kuat Eropa yang memegang jabatan politik teratas.

Berikut daftar presiden dan perdana menteri wanita, yang tidak termasuk Ursula von der Leyen, yang menjadi presiden wanita pertama Komisi Eropa pada Desember 2019:

Di Inggris, yang merupakan bagian dari Eropa tetapi tidak lagi menjadi bagian dari Uni Eropa, Liz Truss menjadi perdana menteri baru pada 6 September. Truss telah memenangkan perlombaan kepemimpinan Partai Konservatif yang berkuasa, secara otomatis menjadikannya pemimpin negara tersebut.er pengunduran diri Boris Johnson pada bulan Juli.

Truss adalah perdana menteri wanita ketiga Inggris setelah "Iron Lady" Margaret Thatcher, yang bertanggung jawab dari 1979 hingga 1990, dan Theresa May, yang memerintah dari 2016 hingga 2019 - semuanya dari Partai Konservatif.

Pemimpin Sosial Demokrat Mette Frederiksen menjadi perdana menteri termuda di negaranya pada Juni 2019 ketika dia terpilih sebagai perdana menteri pada usia 41 tahun.

Perdana menteri wanita pertama Denmark adalah Helle Thorning-Schmidt, juga dari Partai Sosial Demokrat, yang menjabat dari 2011 hingga 2015.

Mantan auditor UE Kersti Kaljulaid, 52 tahun menjadi presiden wanita pertama negara Baltik Estonia pada Oktober 2016. Jabatan tersebut sebagian besar bersifat seremonial.

Kaja Kallas pada Januari 2021 menjadi perdana menteri wanita pertama Estonia. Ayahnya Siim Kallas adalah perdana menteri dari 2002-2004.

Pada Desember 2019, Sanna Marin, seorang Sosial Demokrat, menjadi perdana menteri termuda di dunia pada usia 34 tahun. Perdana menteri wanita ketiga Finlandia telah menjadi berita utama baru-baru ini karena foto-fotonya yang menari dan berpesta dengan teman-teman.

Elisabeth Borne, seorang insinyur berusia 61 tahun, diangkat sebagai perdana menteri Prancis pada Mei, menjadi wanita kedua yang memegang posisi itu setelah Edith Cresson, seorang Sosialis, yang memegang jabatan itu kurang dari satu tahun pada awal 1990-an.

Katerina Sakellaropoulou, seorang pengacara perintis, terpilih sebagai presiden wanita pertama Yunani pada Januari 2020.

Saat kepresidenan adalah peran seremonial di Yunani, Sakellaropoulou telah membuat terobosan baru di peradilan dengan menjadi presiden pengadilan tinggi negara itu pada 2018.

Wanita kuat Eropa lainnya adalah Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban dan mantan menteri untuk kebijakan keluarga. Dia terpilih sebagai presiden wanita pertama Hungaria pada Maret 2022. Peran presiden sebagian besar bersifat seremonial.

Mantan menteri keuangan Lithuania Ingrida Simonyte, seorang penggemar hoki es berusia 47 tahun, diangkat sebagai perdana menteri dari pemerintahan kanan-tengah pada Desember 2020.

Lithuania memiliki tradisi kepemimpinan wanita yang kuat, dengan “Wanita Besi Baltik” Dalia Grybauskaite menghabiskan satu dekade berkuasa dari 2009 hingga 2019.

Pengacara liberal dan juru kampanye antikorupsi Zuzana Caputova, 48 tahun, mulai menjabat pada Juni 2019 sebagai presiden wanita pertama Slovakia. Sebagai politikus pemula, dia dengan mudah mengalahkan kandidat partai yang berkuasa dalam pemilihan. Di Slovakia, presiden memiliki kekuasaan yang lebih kecil daripada perdana menteri tetapi dapat memveto undang-undang dan penunjukan hakim senior.

Meskipun menjadi negara yang memperjuangkan kesetaraan gender, Swedia tidak pernah memiliki seorang wanita berpengaruh sebagai perdana menteri sebelum Magdalena Andersson, seorang Sosial Demokrat, yang memenangkan posisi teratas pada November 2021.

Andersson mengundurkan diri pada 14 September 2022 setelah blok sayap kanan dan sayap kanan yang belum pernah terjadi sebelumnya memenangkan pemilihan dengan tipis.

Di tempat lain di Eropa, di luar Uni Eropa, wanita kuat lain yang saat ini berkuasa adalah: Presiden Georgia Salome Zurabishvili, Perdana Menteri Islandia Katrin Jakobsdottir, Presiden Kosovo Vjosa Osmani, Presiden dan Perdana Menteri Moldova Maia Sandu dan Natalia Gavrilita, Perdana Menteri Serbia Ana Brnabic , dan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE